Life Balance

Beranda » 2016 » Mei

Monthly Archives: Mei 2016

8 Kesamaan orang sukses

1. PASSION
Kerjakan segala sesuatu dengan gairah dan kecintaan yang positif.
2. KERJA KERAS
Pekerjaan itu harus menggairahkan dan menyenangkan. Memberikan yang terbaik dengan bekerja secara maksimal.
3. JADILAH YANG TERBAIK DALAM SATU HAL
Mereka yang sukses, selalu menjadi yang terbaik didalam satu hal bukan dibanyak hal.
4.FOKUS
Buku Malcolm Gladwell “Outlies” untuk menjadi seseorang yang benar-benar ahli disuatu bidang minimal orang tersebut harus fokus berlatih pada satu bidang itu selama kurang lebih 1000 jam.
“Whenever you want to achieve something, keep your eyes open, concentrate and make sure you know exactly what it is you want. No one can hit their target with their eyes closed” (Paulo Coelho)
5. PUSH
Memaksa diri untuk tetap konstan mengejar cita-cita.
6. MELAYANI
Tidak ada satu orangpun yang sukses tanpa menukar suatu nilai dari dalam dirinya.
7. IDE
People with ideas will change the worlds.

image

8.PANTANG MENYERAH
“Sucess is a science. If you have the condition, you get the result” (Oscar Wild).
Perjalanan menuju kesuksesan akan selalu melewati banyak ketidak nyamanan dan kegagalan. Tapi perlu diketahui kesuksesan yang lahir dari perilaku pantang menyerah akan menghasilkan karya yang luar biasa.

(By:  Richard St. John)

Buat Kamu yang Punya IPK Rendah, Jangan Bersedih. Ada Peluang Sukses Buat Kamu kok.

R

ajin belajar biar bisa jadi Pegawai Negeri. IPK harus tinggi dan CUMLAUDE. Lulus 3,5 tahun. Jadi Mahasiswa berprestasi. Teruss… hmmm kuliah keluar negeri pake beasiswa, pulangnya ngembangin daerah bla nla bla”

Nggak ada yang salah memang bagi sebagian besar orang. Itu bahkan mimpi sebagian besar mahasiswa. Tapi banyak juga segitu kerasnya berusaha, segitu kerasnya juga nilai menampar pipi kiri dan kanan. Nggak jarang bahkan orang yang tadinya pinter disekolah eh tiba-tiba pas kuliah… IPK nya dibawah 3. Acakadul bin amburadul malah… lebih banyak lagi yang saat sekolah dulu pas-pasan eh pas dibangku kuliah tambah pas-pasan deh. Ehm… kalau gitu coretan diatas nggak usah dipake lahh buat yang ngerasa demikian pasnya… ahaaa… Kadang orang-orang yang IPKnya mundur dibangku kuliah lebih BERPOTENSI menjadi MILYADER ketimbang mereka yang punya IPK selangit. Lah no… kenapa? Kok bisa gitu? Ada beberapa kemungkinan:

1. Mereka yang punya otak dibawah B ini biasanya sebelum wisuda udah biasa berwirausaha. Buat mereka nilai dari dosen itu yang penting lulus. Kalau nggak lulus, kan bisa ngulang. Yang penting cari duit cari dan dicari. Akhirnya setelah wisuda mereka sudah bisa mapan dan bahkan mempekerjakan orang lain, punya karyawan, akhirnya jadi bisnismen la yaw…
2. Frustasi punya IPK 2 (Kadang kurang kadang lebih). Orang kayak gini udah nggak punya harapan buat bekerja jadi ABDI NEGARA alias PNS. Akhirnya mereka mutusin buat mulai usaha. Usahanya nggak besar sih diawal. Mulai dari jual motor (kadang), jual barang yang bisa jadi duit, atau bahkan minjem di bank buat modal usaha. Orang pinter nganggep orang semacam ini nggak berhasil soalnya orang semacam ini nggak jadi PNS. Nah… tahun berganti tahu. Rezeki Allah… siapa yang sangka… ternyata orang semacam ini mulai punya yang namanya anak buah alias karyawan. Bisnisnya mulai maju. Padahal berawal dari bisnis kecil. Tapi ni orang uletnya luar biasa…. Akhirnya orang-orang semacam ini bahkan yang bisa jadi bos dari orang-orang pintar tadi. Nah lo…. makanya jangan suka hina orang bodoh ya… kwakwkakk
3. Kalau yang dua diatas tadi berwirausaha, orang yang berotak dibawah B ini lebih memilih bergabung di perusahaan yang gajinya besar dan tidak terlalu mengandalkan kemampuan berfikir diawal tes (Silakan cari di google gaji besar bukan PN). Finally… orang type ke-3 inu kerja siang malam buat ngumpulin duit buat modal buka usaha. Bertahun-tahun akhirnya duit ngumpul dan mulai bisnis. Dikepalanya kalau jadi PN itu ribet dan nggak bebas. Kalau berwirausaha kayak gini, kan bebas waktu mau tidur dan bangun jam berapa nggak ada atasan yang atau peraturan kantor yang menekan. Akhirnya dia berbisnis dengan sepenuh hati. Rezeki Allah yang menentukan. Didalam suatu hadits disebutkan bahwa 9 dari 10 pintu rezeki itu adalah melalui jalur perniagaan. Nah… berwirausaha ini juga bentuk dari perniagaan. Panjang cerita… teman-teman seangkatan kuliah atau sekolah orang dalam kelompok 3 ini, sebagian besar menjadi PNS, bahkan lanjut kuliah diluar negeri, sebagian yang lain menjadi karyawan, sebagian kecil tidak bekerja, sebagian kecil yang lain sibuk cari kerja. Nah sedangkan dia? Sibuk ngitung duit dan ekspansi perusahaan serta rekruitmen karyawannya. Sibuk juga jalan-jalan ke Eropa, Amerika, Asia, Australia, dst deh…
4. Memang nggak niat dari awal jadi PNS.

K

ayaknya PNS itu capek ya. Enakan kayak syahrini aja… Bisa liburan tiap waktu ke Eropa… Jadi nggak apa-apa deh IPK pas-pasan yang penting wisuda. Biar aja temen-temen gue sibuk belajar. Sekarang bolehlah kalian pintar. Nanti ujung-ujungnya kalian yang bakal kerja sama gue. Ngembangin perusahaan gue. Gue jadi bos ajalah.
Nah ada yang kayak gitu? Ada. Ada. Beneran ada. Nggak bohong deh… Beneran…
Orang type 4 ini juga ngelakuin berbagai macam cara buat berbisnis yang menghasilkan uang dan benar-benar sukses dibidangnya. Tidak jarang mereka mempekerjakan teman-teman seangkatannya dan orang-orang pintar yang IPKnya SELANGIT itu.

Jadi buat kamu-kamu, Elu-elu yang punya otak pas-pasan bahkan kadang kurang, jangan berkecil hati. Masih ada harapan untuk sukses kok. Kesuksesan kan tidak diukur dari diterima atau tidaknya orang jadi PNS cuy… haahaa… Siapa tahu kamu adalah salah satu dari 4 golongan diatas. Buat golongan ke-5 dan seterusnya komen aja siapa tahu ada yang mau nambah 😆 Dan sekali lagi… nggak mesti punya IPK tinggu buat sukses. Yang terpenting adalah: kemauan, keuletan, usaha, doa, pantang menyerah dan jangan takut gagal serta serahkan semuanya pada yang Memberi Kehidupan.

Merah kuning orange

Ada rindu bersama senja
Terperangkap didalam diam
Seberapa kuatkah musim gugur menahanmu disana?
Kau ada bersama pepohonan yang berubah warna menjadi merah, kuning, orange….
Bersama setumpuk harapan sore ini…
Dibawah keheningan waktu
Aku memutuskan untuk mencintai karena itu adalah cara paling efektif untuk tetap tersenyum…
Walau jarak ribuan mil tak terbendung aku kan tetap bersama rindu ini…
Tunggulah aku disana… sebentar saja
Karena aku sedang berjalan kearahmu
Walau terdengar sangat lambat bukan?
Mei ini… Aku tahu…
Musim gugur akan bertahan dan memanjakanmu disana..
Dan aku akan memperkuat langkahku….

Classic

image

image

image

It was in my grad day on March 2015.

FLASH BACK: CATATAN AKHIR TAHUN 2013

FLASH BACK: CATATAN AKHIR TAHUN 2013

Saya pernah menulis ini. Tidak tahu kapan teparnya tetapi tulisan ini berada diagenda saat saya masih mengajar kelas bahasa Inggris diakhir tahun 2013 atau awal 2014.

 

Ada satu titik dimana kamu merasa hidupmu sangat membosankan. Semua hal yang kamu lakukan sia-sia dan kamu seperti seseorang yang sedang meminum air laut. Semakin kau teguk, semakin dahaga kau dapat. Semakin kau menyalahkan diri sendiri, semakin berputus asa kamu. Maka berhentilah megeluh dengan semua kegagalan itu. Lihatlah bahwa Tuhan menciptakan segala sesuatu didunia ini dengan keseimbangan.jika kau gagal, itu tidak sepenuhnya gagal melainkan itulah yang terbaik untukmu saat ini. Bisa jadi jika kau berhasil malah itu bukan hal yang terbaik. Percayalah Pada Tuhan danlakukanlah yang terbaik.

______

Ini catatan kedua:

Rinduku masih membungkus jiwa

Aku mengingat satu waktu ketika Tuhan menurunkan cinta padaku

dan aku hampir terjatuh

Disetiap jengkal, aku belajar dari rasa takut

Langkahku sudah membaik dan ku tinggalkan seua masa laluku

Aku pernah berdoa untuk melupakan cintaku

Dan ku tahu Allah memiliki cara-Nya sendiri untuk mencintaiku

Aku… hanya sebuah gelembung kecil yang setiap saat dapat diterbangkan angin

Dapat menghilang dalam sekejap dan mungkin tak kembali

Tapi… tangan Allah mengangkatku dalam Rahmat-Nya

Tak Ia biarkan aku tenggelam sendiri dalam perjalanan panjang yang penuh liku ini

Akan ada angin baik yang mengarahkan tanganku

sehingga kau tak menghilang tanpa arah

betapa beruntungnya aku memiliki Allah yang selalu setia mencintaiku dan menjagaku

Kasih saying dan Karunia-Nya tanpa batas

Cara Allah mencintai mahluk-Nya sebanyak jumlah mahluk-Nya

Allah mencintai mahluk-Nya dengan berbagai macam cara

Dan disetiap jiwa,ia berikan ujian dan cobaan yang berbeda

Pertolongan yang tak sama

Kasih saying yang berlimpah

Maha Suci Rabbku Tuhan semesta alam

Dan betapa aku mencintai-Nya

Dan aku masih terbungkus rindu

Dan haus akan perjumpaan dengan-Nya

Jika saja rindu ini tak membelitku

Sudah dulu aku menggantung rindu pada sesuatu selain-Nya

Sedang tujuanku adalah Rabb-ku, bukan yang lain

Tetapi tetap saja aku adalah manusia biasa

Mungkin belum waktunya Rabbku menurunkan seseorang

Yang mampu mendampingiku menuju tujuanku,

Bertemu dengan Rabb-ku

Kekasih sejatiku

Jika tibawaktunya, pastilah dia adalah orang yang tepat

Yang dapat mengarahkanku leih baik untuk lebih baik dan lebih baik lagi

Mencintai Rabbku, kekasih hatiku

Jika tiba waktunya, aku memohon agar ia adalah

seseorang yang selalu membuatku mencintai Rabbku

dan membuatku dapat bertemu dengan kekasih sejatiku, Allah

Rinduku

Masih terbalut dalam jiwa

Masih merindukanmu

Selalu merindukanmu…

 

(Nah lo…saya lupa pernah jatuh cinta sampai berdoa buat ngeluapain. Saya nggak ingat lagi kisah-kisah klasik zaman sekolahan atau mahasiswa semenjak ada yang special dihati. Udah kayakmemori buram yang kalau dibuka ceritanya aja baru ingat… Sekarang boro-boro berdoa ngelupain. Yang disuka malah ribuan kilometer dari Indonesia jaraknya. Hmmm… tigaribu tujuhratus kilometer lebih jaraknya dari pulau Lombok. Tapi yaudahlah…Entar pasti ketemu yang terbaik kok. Tenang aja. Urusan jodoh Allah yang ngatur. Tapi sebenarnya kok gitu banget ya? Susah banget suka sama seseorang yang kelihatannya flat alias datar. Sukanya sama yang kayak sejenis chemisterynya tajam aja gitu. Mau pacaran sama yang nggak serekdihati juga buang-buang tenaga, materi dan waktu. Lebih baik single sampe ketemu yang pas. Ini sih namanya single yang maksa banget ya??? Kalau inget-inget zaman kuliah pas lagi banyak-banyaknya yang nembak bilang suka trus nggak pernah dibales malah ngilang gitu aja… itu lucu juga. Saya nggak pernah intereset atau tertarik sama cowo yang nembak duluan… gila memang. Kenapa ya? Kesannya saya itu kayak cewe banget ya walaupun aslinya saya memang cewe sih. Tapi saya penge saya yang bilang suka duluan.soalnya saya orangnya ya gitu…kalau cowo yang nembak duluan… goodbye alias sekalipun suka, hilang deh rasa penasarannya. Nggak jelas bangetkaaan???akhirnya saya nggak pernah benar-benar pacaran deh… bisa dibilang nggak pernah pacaran walaupun pernah tapi Cuma main-main kayak anak SD. Perasaan itu kayak gini, secinta-cintanya kita sama seseorang tapi kalauudah nemusama seseorang yang bisa buat hati bergetar terlebih doi orangnyabaik dan respek banget sama kita… hilanglah segala cinta-cintaan masa lalu bagaimanapun besarnya.nggak peduli sedalam lautan karena yang namanya hati manusia itu gampang berbolakbalik. Oleh karenanya,pas masih bagus harus segera dimanfaatkan jangan diremehkan. Nanti kalau udah kebalik baru deh ngerasa nggak enaknya. Kayak sekarang misalnya… lagi sibuk mikirin masa depan. Harus fokus krena namanya hati itu gampang bolak balik. Jangan sampai jatuh cinta jadi penghalang buat menggapai asa.soalnya beda sikon beda alurnya. Nah sekarang mumpung suasana hati lagi bagus buat mikirin masa depan, ini harus segera dimanfaatkan. Urusan menikah (maklum sekarang sudah 24 tahun,kata orang Indonesia itu sudah waktunya)ya urusan menikah bisa difikirkan tiga tahun atau empat tahun mendatang. Kenapa? Soalnya sekarang waktunya untuk berkarir dulu. Waktunya keluar dari BOX. Nggak mau kerjakantor ataupun PNS di Indonesia. Harus cari penghidupan yang sesuai hobi. Dan saya nggak punya cita-cita lagi nikah sama orang Indonesia gara-gara sempat punya relationship sama yang namanya western men. Hidup memang kadang aneh soalnya dulu saya anti banget sama yang namanya western men.tapi gegara dua orang itu saja jadi prefer western man yang jadi husband suatu saat nanti. Bismillah aja dulu.

____

Ini catatan yang ketiga: Eh tepatnya ini quote nyadur dari berbagai sumber. Semper jadi inspirasi juga…

 

Kamu dapat mengerjakan seseuatu yang kamu inignkan, mempunyai apa yang kamu ingin punyai, dan menjadi seperti apa yang kamu inginkan(Robert Collier)

Mereka boleh hebat tetapi mimpi dan doa kita harus jauh lebih hebat.

Pekerjaan yang bagus datang dari pengalaman.dan pengalaman datang dari keputusan yang bodoh.

 

Bukan dari perbuatannya tapi yang lebih penting dari perbuatan dan kata-kata adalah isi hati. Harimau itu soliter. Kapan harimau merasa sebagai harimau?ternyata ketika mereka bertemu dengan harimau yang lain.(Kalau ini nyadur dari pembicara pas jadi peserta di Temu Pusaka Indonesia 14 September 2013 di KLU, pas di hutan adat dulu)

Diri kita terhormat karena peekrti kita.ketika budaya pada dasarnya agama.(ini juja nyadur di temu pusaka 2013:D)