Fera Komalasari

Beranda » Uncategorized » Workshop Hebat Menulis PKM 2014 se- NTB

Workshop Hebat Menulis PKM 2014 se- NTB

Arsip

Kategori

Apasih PKM? Apa pentingnya PKM? Mengapa harus ikut PKM?

Semua pertanyaan itu terjawab pada ‘Workshop Hebat Menulis PKM 2014 Se-NTB” yang diadakan pada hari Jumad, 19 September 2014. PKM merupakan agenda rutin pemerintah dibawah naungan dikti atau dirgen perguruan tinggi. Untuk dapat tembus pendanaan dikti, Mahasiswa harus mengajuakan proposal PKM yang panduannya bisa diunduh di laman dikti. Besar pendanaan yang didapat adalah berkisar 2,5-12,5 juta tergantung jumlah kebutuhan yang tertulis di proposal PKM. Setelah proposal di unggah kelaman dikti, dikti menyeleksi propsoal tersebut apakah layak utnuk didanai atau tidak. Biasanya PKM yang lolos diumumkan sekitar bulan Januari.Setelah mahasiswa mengetahui apakah mereka lolos pendanaan kemuan mereka melaksanakan kegiatan sesuai dengan apa yang merkea canangkan di proposal. Tahap evaluasi atau Monev akan diadakan pihak dikti ke perguruan tinggi masing-masing yaitu sekitar bulan Juni. Untuk mencapai tahap monev, peserta harus menulis rutin log book dan menyerahkan/ menguunggah laporan kemajuan sebelum monev dilakukan. Beberapa hari sebelum movev dilakukan peserta harus mengunggah laporan akhir PKM dimana bobot untuk lolos ke tahap Nasional adalah sangat besar pada laporan akhir ini. Ada tiga komponen yang dinilai untuk dapat melaju ke Nasional yaitu Laporan Kemajuan, Laporan akhir dan Monev (presentasi monev). Jika monev sudah dilakukan, beberapa minggu kemudian peserta yang lolos ke tahap Nasional/ PIMNAS akan diumumkan. PIMNAS merupakan ajang paling bergengsi. Semua peserta PIMNAS berjaung dengan kemampuan mereka.Disini mutu dan kualitas perguruan tinggi menjadi nama dan pertaruhan wajah karena jika Mahasiswa mereka berhasil mendapat juara UMUM maka nama perguruan tinggi tersebut semakin melambung. Tahun 2013 kemarin PIMNAS diadakan di UNRAM dengan ITS sebagai juara umum. Agustus kemarin, PIMNAS diadakan di UNDIP dengan UGM sebagai juara UMUM. Wajah universitas-universitas besar dipertaruhkan disini. Seseorang juga dapat melihat kualitas mahasiswa dari suatu perguruan tinggi melalui PIMNAS ini. Sejak 2013 silam, juara 1 PIMNAS bisa memilih tempat S2 sesuai keinginan mereka. Ini tentunya menambah semangat dan kreatifitas mahasiswa utnuk terus melakukan yang terbaik. PKM sendiri memiliki 5 bisang yang berbeda yaitu PKM-P (Penelitian), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-T (Teknologi). PKM-KC (Karsa Cipta) beserta dua jenis PKM lainnya seperti AI (Artikel Ilmiah) serta GT (Gagasan Tertulis). Untuk AI dan GT pendanaan pemerintah adalah 3 juta rupiah. Meliahat urgensi PKM tersebut maka pentingnya pengenalan serta bimbingan terhadap mahasiswa ditingkatkan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah melalui workshop Hebat Menulis PKM 2014 se-NTB.

Workshop ini diadakan oleh Program studi pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNRAM reguler pagi. Workshop yang diadakan di Arbud ini menyedot perhatian Mahasiswa UNRAM. Ada delapan puluh pendaftar dengan program studi yang berbeda. Workshop ini memang sederhana. Persiapan diadakan satu minggu sebelum tanggal diadakan mengingat batas unggah proposal PKM sekitar sepuluh hari dari tanggal kegiatan. Ini memaksa panitia harus ekstra gesit mengadakan kegiatan. Panitia serta pembicara workshop berasal dari UKM Prima yaitu UKM Penalan Riset Ilmiah Mahasiswa karena UKM Prima memang spesialisasi bidang PKM. Beberapa pembicara dari UKM Prima pada workhsop ini adalah Fera Komalasari (FKIP- Bhs Inggris 2010), Fuji Astuti (MIPA-Kima 2010), Siti Ulfatun Najiyyah (Fakultas Kedokteran 2011) dan Harfi Hambani (Fakultas Ekonomi 2011) serta Ria Hikma (FKIP Bhs. Indonesia 2011) sebagai moderator. Workshop ini ditujukan khusus untuk Mahsiswa Baru dan Mahasiswa semester pertengahan. Hal unik yang dapat dipetik dari workshop ini adalah mengutip nasihat Ulfa tentang Niat, “Luruskan niat kalian tentang PKM ini. Jangan niatkan tentang uang”. Nasihat Ulfa sebagai pembicara memang perlu diperhatikan karena kebanyakan nait mahasiswa salah tentang PKM ini. PKM bukan tentang uang akan tetapi lebih dari itu.Ulfa lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau PIMNAS 2014 mewakili UNRAM dengan 2 orang Mahasiswa lainnya. Keteladanan Ulfa perlu dicontoh karena pada awalnya semua itu bersumber dari niat. IMG_3511A IMG_3513A IMG_3514A IMG_3515A IMG_3518A IMG_3521A IMG_3522A IMG_3559A IMG_3563A IMG_3564A IMG_3565A IMG_3607A


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

September 2014
S S R K J S M
« Mei   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: