Fera Komalasari

Beranda » Uncategorized » Nasihat Ulfa tentang PKM

Nasihat Ulfa tentang PKM

Arsip

Kategori

“Luruskan niat terlebih dahulu”, Kata Ulfa kepada adik-adik Mahasiswa ketika mengisi acara workshop menulis PKM.

Benar memang. Kemarin niat saya berbanding terbalik dengan tujuan DIKTI mendanai PKM yang lolos. Persepsi saya salah tentang PKM. Takutnya saya korupsi dana. Tapi itu kan PKMK alias kewirausahaan. Uang itu diberikan negara untuk mendanai proposal bukan untuk kepetingan yang lain.

Ulfa lantas bercerita tentang BAGAIMANA AKHIRNYA Ia sampai ke PIMNAS- Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Ia percaya bahwa Pimnas merupakan takdir Allah atas dirinya. Saya sempat diam sejenak lantas berfikir, “Mungkin niat saya kemarin salah dan saya memang harus meluruskannya dari sekarang agar apa yang saya dapatkan membawa berkah”.

Ya.. Ulfa bersama dua orang Mahasiswa UNRAM bulan Agustus kemarin lolos PIMNAS ke UNDIP. Ia bercerita kepada saya bahwa PKMP yang mendapat juara dua tahun ini menganalisis bahasa keraton Jogja. Tau apa? Saya sedari satu minggu yang lalu memang berencana untuk meneliti salah satu bahasa yang ada di KLU. Sangat menarik buat saya karena beberapa alasan. Tapi niat itu saya patahkan berkali-kali karena berfikir saya sudah semester akhir. Lebih parahnya lagi contoh proposal tentang bahasa yang di ungga ke google hanya beberapa saja. Saya terkadang berfikir “Mengapa Mahasiswa begitu pelit hanya untuk membagikan tulisan mereka kepada publik? Padahal tulisan mereka sangat bermanfaat untuk orang lain: terkdang”.  Saya jadi teringat Bli Andi yang tak bosan-bosannya berbagi tentang beasiswa Australia. Saya mengenal beliau sebagai sosok loyal berbagi informasi.Ah…senadainya saja banyak Mahasiswa yang seperti beliau saya yakin- Indonesia pasti memiliki SDM yang lebih baik karena manfaat dari apa yang ditulis itu akan lebih berdampak besar terhadap SDM Indonesia.

Berbicara tentang SDM, hari ini setelah niat yang hilang beberapa kali untuk meneliti bahasa kini niat tersebut muncul lebih kuat. Sebenarnya ada yang mematahakan semangat saya hari ini akan tetapi gagal. Semangat ini tetap menjadi semangat kuat. Karena bagi saya- menulis itu keren dan meneliti itu lebih keren lagi. Saya akan meneliti Bahasa. Insyaallah semoga proposal yang saya tulis berhasil. Lagi pula, ini pertama kali saya menulis proposal tentang penelitian. Saya cukup blank karena contoh yang sangat minim. Saya berharap ada angin lewat yang memberikan saya contoh tentang analisis bahasa agar proposal yang akan saya tulis berjalan dengan lancar- Aamiin.

Tentang nasihat Ulfa Jumad kemarin- trimaksih. Saya juga sudah memperbaiki niat karena memang saya sungguh-sunggu ingin meneliti. Saya ingin menjadi seseorang yang berguna bukan hanya bagi bangsa akan teapi bagi seluruh umat manusi… ciehhh… maksut loh??/ gkgkgkgkkg


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

September 2014
S S R K J S M
« Mei   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: