Fera Komalasari

Beranda » Uncategorized » Workshop menulis-PKM dan Gedungnya

Workshop menulis-PKM dan Gedungnya

Arsip

Kategori

Bing bing bing…..

Saya orangnya anti ngeluh kalau masalah kegiatan kampus tapi paling suka ngeluh kalau masalah beres-beres rumah. Kali ini naluri MAHASISWA saya tetap bertengger diposisi teratas. Ya… Saya mengupayakan yang terbaik buat adik-adik tingkat sepeninggal saya nantinya. Saya berharap- dengan kegiatan ini ada regenerasi dan penerus saya yang hobi banget ngusulin PKM. Ya… Bulan ini KAPRODI mengadakan kegiatan WORSHOP HEBAT MENULIS PKM- 2014 SE-NTB. Sebagai otak dari kegiatan ini dan panitia tunggal yang mempersiapkan segala sesuatu dengan sangat baik- saya rasa kualahan menghadapi deadline yang dicanangkan oleh DIKTI yakni 28 September sedangkan proposal bagi pemulatidaklah gampang. Tujuan khusus dari kegiatan ini adalah membuka fikiran adik-adik agar tidak monoton hebat dalam dunia akademik saja akan tetapi hebat juga dalam hal lain. PKM sendiri merupakan kepanjangan dari Program Kreatifitas Mahasiswa dimana PKM itu sendiri adalah PROGRAM DIKTI. Bagi adik-adik tingkat saya khususnya Bahasa Inggris- mungkin agak sulit bagi mereka untuk membuat proposal PKM-P atau PKM-T. Ada dua kemungkinan besar bagi mereka yaitu PKM-Kewirausahaan dan PKM-Pengabdian Masyarakat. Well…. Kedua jenis PKM ini pernah saya dapatkan sebelumnya. PKM-M atau Pengabdian Masyarakat – lolos didanai pada 2011 dulu. PKM-K menyusul ditahun berikutnya.

Bagi saya PKM merupakan hal yang spesial. Entah mengapa saya merasa selalu tertantang untuk menulis proposal atau membagi ilmu dangan yang lain. Bagi saya, mengajak adik2 tingkat untuk mengenal dan menulis PKM merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya. Naluri menulis saya tidak bisa hilang. Ini sudah melekat sejak SD dulu dan tidak bisa saya hilangkan. Ibaratnya, menulis itu merupakan camilan rutin bagi saya dan tanpa camilan itu saya merasa selalu lapar.

Mungkin saya tidak terlalu jago dalam merangkai kata akan tetapi saya sangat lihai dalam BERFIKIR dan MENEMUKAN IDE. Itu adalah kemampuan yang tidak diketahui oleh orang lain dan sebaiknya saya diam saja karena tak ada guna juga jika saya bicarakan.

Permisalan kecil, dalam Karya tulis- Saya punya puluhan ide yang bisa saya berikan satu persatu kepada kelas saya. Saya bisa memberikan mereka ide atau judul gratis yang tida perlu dibayar. Bayaran yang saya minta adalah selesaikan karya tulis itu dan cari referensi. Selesaikan dengan sebaik-baiknya, intinya lakukan yang terbaik. Saya ingin melihat adik-adik bimbingan saya ‘SUKSES’ tanpa terkecuali. Saya ingin melihat orang-orang yang ada didaerah ini mencontoh Universitas-Universitas besar yang ada diluaran sana. Sukses itu terjadi bukan tanpa perjuangan. Kita butuh tetesan keringat untuk sukses dalam hal yang kita inginkan. Sukses juga bukan tentang berapa rupiah yang bisa kita hasilkan. Akan tetapi sukses itu merupakan sebuah proses dari butiran-butiran kepercayaan kita kepada mimpi. Kita melangkah dengan sebuah keyakinan bahwa MIMPi itu pasti akan terwujud adalah merupakan setengah dari kesuksesan itu. Sukses adalah tentang tercapainya MIMPI kita. Mimpi yang selalu membuat kita terjaga ketika rasa suntuk menghadang, mimpi yang membuat kita selalu termotifasi untuk melakukan tugas sehingga rasa malas dan bodoh itu lenyap seketika. Sukses adalah tentang MIMPI dan BISA berbagi dengan orang-orang s=disekeliling kita. Kita mungkin tidak bisa berbagi uang dengan mereka. akan tetapi kita bisa berbagi ilmu yang kita miliki. Bagi saya- PKM ini se=ndiri merupakan sebuah KESUKSESAN yang taka ternilai harganya. Saya bisa belajar dan mengajarkan ilmu saya kepada orang lain. Inti kesukseanbagi saya adalah tentang MIMPI dan PKM merupakan rentetan dari MIMPI-MIMPi saya selain S2. Saya ingin sekali melihat orang lain sukses ketika saya sudah sukses didalam satu hal. Saya ingin melihat mereka dalam posisi yang sama dengan saya. Saat ini mungkin saya hanya bisa berbagi sedikit ilmu menulis dengan mereka akan tetapi suatu saat nanti saya yakin dapat memberi lebih bagi daerah saya yang tercinta-NTB.

Entah itu sebagai tutor kealas menulis dan menggali ide ataupun sebagai pemateri kepenulisan- saya sangat menyukai bidang saya. Jika saya tidak benar-benar pada bidang dan MIMPI saya- saya tidak akan membuang pekerjaan saya.

Hari ini… entah hari keberapa perjuangan saya untuk meminjam ruangan- saya merasa semakin baik meski gagal meminjam gedung D8 untuk kegiatan . Padahal dari minggu kemarin saya usahakan.Kesempatan akan selalu ada percayalah. Tidak mati sampai disitu- Saya pergi ke rektorat untuk meminjam gedung ARBUD. 10 kali bolak balik kampus dan tempat ngeprint- bolak balik tempat ngeprint-runag dosen sampai akhirnya bolak balik ke Rektorat. Disana- meski dengan nasihat bijak- bapak di bagian RT menasihati saya untuk jangan lagi seperti ini meminjam gedung H-1. Well…. saya memang salah karena seharusnya jika di fakultas cukup lama- maka seharusnya saya sudah punya persiapan gedung lain. Hanya satu harapan saya kali ini bahwa PR II berbaik hati untuk menolong saya. Ini juga demi kebaikan semua orang. Sebuah niat yang tulus insyaallah akan selalu terberkati. Allah akan selalu membantu orang yang akan mengajarkan ilmu kepada orang lain. Insyaallah🙂


Tinggalkan Balasan

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

September 2014
S S R K J S M
« Mei   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

