Fera Komalasari

Beranda » Uncategorized » Belajar Bahasa Korea Praktis

Belajar Bahasa Korea Praktis

Arsip

Kategori

Bagi Korean Drama Lovers….tidak menutup kemungnkinan 60 persen atau lebih menyukai Bahasa Korea secara sadar ataupun tidak. Kali ini, kita akan belajar mengenai Bahasa Korea biar nanti pas ngedengerin serial drama, nggak kagok lagi. Lagipula belajar Bahasa Korea itu keren kok. Selain menambah wawasan, kali aja bisa nyangkut ke negara maju yang satu ini๐Ÿ˜€

Percakapan Sehari-hari Bahasa Korea

ย 

Percakapan sehari-hari

ย 

Annyeong Haseyo (์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”) = Apa Kabar

Ne (๋„ค)/ ye (์˜ˆ) ย = Ya

Anio (์•„๋‹ˆ์˜ค) = Tidak

Yeoboseyo (์—ฌ๋ณด์„ธ์š”) = Halo

Annyeong-hi gaseyo (์•ˆ๋…•ํžˆ ๊ฐ€์„ธ์š”) =ย Selamat jalan

Annyeong-hi gyeseyo (์•ˆ๋…•ํžˆย ๊ณ„์„ธ์š”) = Selamat tinggal

Eoseo oseyo (์–ด์„œ ์˜ค์„ธ์š”) =ย Selamat datang

Gomapseumnida (๊ณ ๋ง™์Šต๋‹ˆ๋‹ค) /ย Gamsahamnidaย (๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค) =ย Terima kasih

Cheonmaneyo (์ฒœ๋งŒ์—์š”) =ย Sama-sama

Mianhamnida (๋ฏธ์•ˆํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค) = Minta Maaf

Joesong-hamnidaย (์ฃ„์†กํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค) = ย Mohon maaf

Gwaenchansseumnida (๊ดœ์ฐฎ์Šต๋‹ˆ๋‹ค) = Tidak apa-apa

Sillyehamnida (์‹ค๋ก€ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค) =ย Permisi

ย 

Sedang dalam perayaan

  • Lebaran, ucapkanlah ๋‹จ์‹ ์ถ•์ œ ์ผ์ถ•ํ•˜ ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค ย (dansik chukje il chukha hamnida) artinya Selamat Hari Lebaran.
  • 1 Muharram, ucapkanlah โ€Ž1 ๋ฌดํ•˜๋žŒ ์ƒˆํ•ด ๊ฑด๊ฐ•ํ•˜์‹œ๊ณ  ๋ณต ๋งŽ์ด ๋ฐ›์œผ์„ธ์š” ( il muharam saehae geongan hasigo bok manhi badeuseyo ) artinyaย selamat tahun baru satu Muharam ( hijriyah ) sehat selalu dan senantiasa berbahagia.
  • ์ถ”์„ (Chuseok), ucapkanlah ํ•ญ๋ณตํ•œ ์ถ”์„ ์ž˜ ๋ณด๋‚ด์„ธ์š” (hangbokhan Chuseok jal bonaeseyo) ย biasanya diucapkan kepada orang yang lebih tua, ํ•ญ๋ณตํ•œ ์ถ”์„ ์ž˜ ๋ณด๋‚ด์š” (hangbokhan Chuseok jal bonaeyo) diucapkan untuk orang yang usianya lebih muda dibanding kita.
  • Ulang tahun (์ƒ์ผ), ucapkanlah ์ƒ์ผ ์ถ•ํ•˜ ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค (saengil chukha hamnida) artinya Selamat Ulang Tahun.
  • Pernikahan, ucapkanlah ๊ฒฐํ˜ผ ์ถ•ํ•˜๋“œ๋ ค์š” (gyeolhon chukha deuriyeoyo) artinya selamat menikah.
  • Tahun Baru,ย ์ƒˆํ•ด ๋ณต ๋งŽ์ด ๋ฐ›์œผ์„ธ์š” (saehae bok manhi badeuseyo) artinya Selamat Tahun Baru.
  • Akhir Pekan,ย ์ฃผ๋ง ์ž˜ ์ง€๋‚ด์„ธ์š” ( jumal jal jinaeseyo ) atauย ์ข‹์€ ์ฃผ๋ง ๋ณด๋‚ด์„ธ์š”ย (joheun jumal bonaeseyo ) artinya Selamat Berakhir Pekan.

Ucapan Salam

Sebenarnya ucapan salam cukup dengan ์•ˆ๋…•ํ•˜์‹ญ๋‹ˆ๊นŒ ( Annyeong Hasimnikka) atauย ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š” (Annyeong Haseyo)

Sedangkan bahasa korea untuk :

  • Pagi =ย achim

์ข‹์€ ์•„์นจ์ด์—์š”ย ( joheun achimieyo ) = selamat pagi

  • Siang =ย nat untuk siang masih AM pakeย ohu
  • Malam =ย pam

Panggilan keluarga dalam bahasa Korea

  1. Gajok (๊ฐ€์ฃฝ) = Keluarga
  2. Halmoni (ํ• ๋จธ๋‹ˆ) =ย Nenek
  3. Harabeoji (ํ• ์•„๋ฒ„์ง€) = Kakek
  4. Appa (์•„๋น ) = Ayah
  5. Eomma (์—„๋งˆ) = Ibu
  6. Hyeong (ํ˜•) = Kakak laki-laki (yang manggil juga laki2)
  7. Oppa (์˜ค๋น ) = Kakak laki-laki (yang manggil perempuan)
  8. Nuna (๋ˆ„๋‚˜) = Kakak perempuan (yang manggil laki2)
  9. Eonni (์–ธ๋‹ˆ) = Kakak perempuan (yang manggil perempuan)
  10. Dongsaeng (๋™์ƒ) =ย Adik (Baik laki/cewek)

ย 

11. Belajar Hangul

12.ย  ์‹์‚ฌ (baca: sik-sa)
artinya = makanan

๋ฐฅ (baca: bap, *terkadang terdengar seperti phap)
artinya = nasi

์ฃฝ (baca: juk)
artinya = bubur

๋ฐ˜์ฐฌ (baca: pan-chan)
artinya = lauk-pauk

๋ฌผ๊ณ ๊ธฐ (baca: mul-go-gi)
artinya = ikan

์†Œ๊ณ ๊ธฐ (baca: so-go-gi)
artinya = daging sapi

๋ถˆ๊ณ ๊ธฐ (baca: bul-go-gi)
artinya = Bulgogi *makanan olahan daging sapi khas Korea

์žก์ฑ„ (baca: jap-chae)
artinya = Japchae *semacam capcay

๋–ก๋ณถ์ด (baca: ttok-pok-ki)
artinya = Tteokpokki *Kue beras ala Korea yang dicocol pakai saus

๋น„๋น”๋ฐฅ (baca: bi-bim-bap)
artinya = Bibimbap *Nasi dengan campuran lauk sayur dan kuning telur di atasnya

์ž˜ ๋จน๊ฒ ์Šต๋‹ˆ๋‹ค! (baca: jal mok-get-seum-ni-da)
artinya = selamat makan!
*harfiahnya sih berarti Terimakasih atas makanannya

๋ง›์žˆ๊ฒŒ ๋“œ์„ธ์š”! (baca: mat-shi-ge deu-se-yo)
artinya = selamat menikmati (makanan)

๊น€์น˜ ์ข€ ๋” ์ฃผ์„ธ์š”? (baca: kim chi jom do ju se yo)
artinya = Boleh nambah kimchinya nggak?

๋‚˜ ๋งค๋ ฅ์žˆ์–ด์š”? (baca: na mae ryok i sso yo?)
artinya = Menurutmu aku imut ga?

์ง‘์— ๊ฐ€๊ณ  ์‹ถ์Šต๋‹ˆ๋‹ค. (baca: jib e ka go ship seum ni da)
artinya = Aku pengen pulang atau Aku mau pergi/kembali ke rumah

์ €๋…์— ๋งŒ๋‚˜์š”! (baca: jon nyok e man na yo)
artinya = Sampai bertemu nanti malam

๋‚ด์ผ ๊ฑฐ๊ธฐ์„œ ๋งŒ๋‚˜์š”! (baca: nae il ko gi so man na yo)
artinya = Sampai jumpa besok

์˜ค๋Š˜ ๋‚ ์”จ๊ฐ€ ์ฐธ ์ข‹๋‹ค. (baca: o neul nal shi ga cham jho ta)
artinya = Cuaca hari ini cerah sekali

์ผ๋ณธ๋ง ์ž˜ํ•ด์š”. (baca: il bon mal jal hae yo)
artinya = Aku bisa berbahasa Jepang

์‹œ๊ฐ„์ด ๋ณ„๋กœ ์—†์–ด์š”. (baca: shi gan i byol ro ob so yo)
artinya = Kita tidak punya banyak waktu

์–ด๋””์— ๊ฐ€์„ธ์š”? (baca: oh di e ka se yo?)
artinya = Mau pergi ke mana?

๋‚œ ๋„ ์˜์›ํžˆ ์‚ฌ๋ž‘ํ•ด! (baca: nan nol yong won hi sa rang hae yo)
artinya = Aku cinta kamu selamanya

์˜์–ด ํ•˜์‹ค ์ˆ˜ ์žˆ์–ด์š”? (baca: yong o ha sil su i sso yo?)
artinya = Kamu bisa bahasa Inggris?

์Œ์‹์ด ๋ง›์žˆ์—ˆ์–ด์š”? (baca: eum shik i mashit sso sso yo?)
artinya = Kamu suka makanannya?

Source: http://www.korean-flashcards.com

์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š” (baca: an nyung ha se yo)
artinya = Selamat pagi/siang/sore/malam
*Secara umum juga dipergunakan untuk menyapa dan menanyakan kabar seseorang. Jadi fungsinya sama dengan sapaan/salam biasa (greetings).

์•ˆ๋…•ํ•˜์‹ญ๋‹ˆ๊นŒ (baca: an nyong ha sip ni ka)
artinya = sama dengan diatas, hanya saja yang ini lebih formal pemakaiannya.
*Ditujukan kepada orang yang lebih tua dan dihormati, seperti: bos, guru, presiden, dll.

์–ด๋”” ์‚ฌ์„ธ์š”? (baca: oh di sa seyo?)
artinya = Dimana kamu tinggal?

์ข€ ๋„์™€ ๋“œ๋ฆด๊นŒ์š”? (baca: jom do wa deu ril ka yo?)
artinya = Ada yang bisa kubantu?

์ง„์‹ฌ์ž…๋‹ˆ๊นŒ? (baca: jin shim im ni kka?)
artinya = Kamu serius?

์‚ฌ๋ž‘ํ•ด์š”. (baca: sa rang hae yo)
artinya = Aku cinta kamu

๋ฌด์„œ์›Œ์š”? (baca: mu so wo yo?)
artinya = Kamu takut ya?
*Takut disini definisinya lebih ke sesuatu yang membuat kita merinding ketakutan, misalnya: hantu, jarum suntik, atau bahkan dimarahin orangtua hehehehe ^^

๋ช‡ ์‚ด ์ด์„ธ์š”? (baca: myot sal i ye yo?)
artinya = Berapa umurmu?
*Di Korea menanyakan umur itu hal yang biasa. Soalnya mereka bisa menentukan harus memanggil apa ke orang yang bersangkutan. Apa mau dipanggil Onnie, Nuna, Hyung, atau Dongsaeng.

์–ด๋””์„œ ๊ณต๋ถ€ํ•˜์„ธ์š”? (baca:oh di so gong bu ha se yo?)
artinya = Kamu sekolah di mana? atau bisa juga artinya Kamu belajar di mana?

์ด๋ฆ„์ด ๋ญ์—์š”? (baca: i reum i mwo ye yo?)
artinya = Siapa namamu?

๋ˆ„๊ตฌ์„ธ์š”? (baca: nu gu se yo?)
artinya = Siapa kamu?

๋ง›์žˆ๊ฒŒ ๋“œ์„ธ์š”! (baca: mat shi ge deu se yo)
artinya = Selamat menikmati (makanan)

Source: http://www.korean-flashcards.com

๋„Œ ๋‚ด๊ฒŒ ๊ฐ€์žฅ ์†Œ์ค‘ํ•œ ์นœ๊ตฌ์•ผ. (baca: non naega ka jang so jung han chin gu ya)
artinya = Kamu adalah sahabat baikku

์ปคํ”ผ ํ•œ ์ž” ๋“œ๋ฆด๊นŒ์š”? (baca: ko pi han jan deu ril ka yo?)
artinya = Kamu mau minum secangkir kopi?

๋‹น์‹ ์€ ๋„ˆ๋ฌด ๋‹ค์ •ํ•ด์š”! (baca: tang shin eun no mu ta jong hae yo!)
artinya = Ya ampun, kamu manis banget sih!

์•„์•ผ! ๋จธ๋ฆฌ๋ฅผ ๋ถ€๋”ช์ณค์–ด์š”. (baca: a ya! mo ri reul bu di chot uh yo)
artinya = Aduh! Kepalaku terbentur!

ํ•ธ๋“œํฐ์„ ๊บผ์ฃผ์‹ญ์‹œ์˜ค. (baca: haen deu pon eul koh ju ship si o)
artinya = Tolong matikan handphonemu ya

์กฐ์šฉํžˆ ํ•˜์„ธ์š”! (baca: jo yong hi ha se yo!)
artinya = Tolong diam!

์ €๋ฅผ ๋”ฐ๋ผ ์˜ค์„ธ์š”. (baca: jo reul ta ra o se yo)
artinya = Ayo ikut aku.

๋‹น์‹ ์˜ ์ž˜๋ชป์ด ์•„๋‹ˆ์—์š”. (baca: tang shin nye jal mot i a ni e yo)
artinya = Ini bukan salahmu.

์ข€ ๋„์™€ ์ฃผ์„ธ์š”. (baca: jom do wa ju se yo)
artinya = Tolong aku atau Bantuin aku dong.

์˜ค๋Š˜์€ ์ €์˜ ์ƒ์ผ์ž…๋‹ˆ๋‹ค. (baca: o neu renjo ye saeng il im ni da)
artinya = Hari ini ulangtahunku

๋‚˜๋Š” ๋ถˆ๊ณ ๊ธฐ๋ฅผ ์ข‹์•„ํ•ด์š”. (baca: na neun bul go gi reul cho a hae yo)
artinya = Aku suka (makan) bulgogi.
*Bulgogi itu makanan Korea yang terbuat dari daging sapi, ada yang sudah pernah coba?

์‹œ๊ฐ„์ด ๋ฐ”๋กœ ๋ˆ์ž…๋‹ˆ๋‹ค. (baca: shi gan i ba ro don im ni da)
artinya = Waktu adalah uang

ย 

Belajar Hangul Part 1

ย 

Kalo mau belajar bahasa asing, pertamanya kita awali dengan mengenal huruf bahasa tersebut.
nah, huruf-huruf korea itu mudah untuk dipelajari, ga kayak belajar bahasa mandarin atau jepang. huruf korea lebih simpel dan lebih mudah dibaca. yuuk, langsung aja kita mulai.

ย 

VOCAL
์•„ โ€”โ€”โ€” A โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ ใ…
์ด โ€”โ€”โ€” I โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ ใ…ฃ
์šฐ โ€”โ€”โ€” U โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ ใ…œ
์— โ€”โ€”โ€” E โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ ใ…”
์˜ค โ€”โ€”โ€” O โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ ใ…—
์œผ โ€”โ€”โ€” EU โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ใ…ก
์•  โ€”โ€”โ€” AE โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ใ…
์–ด โ€”โ€”โ€” OE โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ใ…“

ย 

KONSONAN TUNGGAL
ใ„ฑ โ€”- G / K
ใ„ด โ€”- N
ใ„ท โ€”- D/T
ใ„น โ€”- R/L
ใ… โ€”- M
ใ…‚ โ€”- P/B
ใ…… โ€”- S
ใ…‡ โ€”- O
ใ…ˆ โ€”- C/J
ใ…Š โ€”- CH
ใ…‹ โ€”- KH
ใ…Œ โ€”- TH
ใ… โ€”- PH
ใ…Ž โ€”- H

ย 

KONSONAN RANGKAP
ใ…ƒโ€”- PP
ใ…‰โ€”- CC
ใ„ธโ€”- TT
ใ„ฒโ€”- KK
ใ…†โ€”- SS

ย 

VOCAL RANGKAP
ใ…‘ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ YA โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ์•ผ
ใ…  โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ YU โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ์œ 
ใ…• โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ YEO โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ์—ฌ
ใ…– โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ YE โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ์˜ˆ
ใ…’ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ YAE โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ์–˜
ใ…› โ€”โ€”โ€”โ€”โ€“ YO โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€” ์š”

ย 

VOCAL GABUNGAN
์™€ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- WA
์œ„ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- WI
์›Œ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- WO
์›จ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- WE
์™œ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- WAE
์˜ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- EUI
์™ธ โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”- WE

ย 

Belajar Hangul Part 2

ย 

Penyusunan Huruf Mati dan Huruf Hidup

ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย ย 

Kali ini kita belajar tentang bagaimana menyusun huruf menggunakan huruf mati (์ž์Œ) dan huruf hidup (๋ชจ์Œ).
dimana dalam penyusunan huruf ini terdapat beberapa cara. penyusunan hurufpun dilakukan dengan penulisan persuku-kata. jadi ga sembarang numpuk-tumpukin aja huruf perhurufnya.

huruf hidup dalam bahasa korea dapat diletakan dikiri, kanan atau bawah untuk membentuk suatu kata, berikut contoh penggunaannya: –

๊ฐ€ = ka
๊ฐธ = kya

๋ฐ” = pa
๋ตค = pyo
์ฆˆ = chu
๋จธ = meo
๋„ˆ = neo
๋”” = ti
์š” = yo
๋“œ = tu

๊ฑฐ = keo
๊ธฐ = ki

๋ฒ„ = peo
์ง€ = chi
์กฐ = cho
๋ฌด = mo
์ด = i
๊ณ  = ko
์˜ค = o
๋‘ = too

๊ฒจ = kyeo
๊ณ  = ko

๋ถ€ = pu
์ € = cheo
๋งˆ = ma
๋‚˜ = na
์•ผ = ya
๋Œœ = tya
๋„ = to
๊ทธ = ku

ย 

Ketika membuat kata, kamu harus menambahkan campuran huruf mati dan huruf hidup, dimulai dengan huruf mati pada awal kata. dalam beberapa hal, tidak ada perlu menggunakan huruf mati bila di permulaan kata menggunakan ใ…‡ (null character).

ใ…‡+ใ…= ์•„ a
ใ„น+ใ…ก+ใ…= ๋ฆ„ rum
ใ„ฑ+ใ…+ใ…= ๊ฐ kam
ใ„ฒ+ใ…œ+ใ…‡= ๊ฟ kkoong
ใ…‡+ใ…—+ใ……= ์˜ท ot
ใ…‡+ใ…“+ใ…‚ใ……= ์—† eop
ใ„ฒ +ใ…—+ใ…Š= ๊ฝƒ kkot
ใ…Ž+ใ…+ใ„ด= ํ•œ han
ใ„ฑ+ใ…ก+ใ„ฑ= ๊ทน guk

lebih lanjut dalam penyusunan kata
suku kata yang terdiri dari huruf mati dan โ€ huruf hidup vertikalโ€ ditulis dengan huruf mati pada sisi kiri dan huruf hidup pada sisi kanan
ใ„ด + ใ… = ๋‚˜ n + a = na
suku kata yang terdiri dari huruf mati dan โ€ huruf hidup horisontalโ€ ditulis dengan huruf mati di atas sekali dan huruf hidup di bawah:
ใ… + ใ…— = ๋ชจ m + o = moed
jika suku kata punya huruf mati, huruf hidup, dan huruf mati, huruf mati diakhir kata, disebut patchโ€™im (maksudnya huruf pendukung) diletakkan di bawah suku kata tersebut.
ใ… + ใ… + ใ„ด = ๋งŒ m + a + n = man

ย 

Belajar Hangul Part 3

ย 

Pola Kalimat dan Jenisย Kalimat

ย 

POLA KALIMAT
chingu, kita belajar POLA KALIMAT nih sekarang.
kalo dalam bahasa inggrisnya belajar GRAMMAR gitu, ribet deh kan yaa pastinya.
kalo dalam Bahasa Korea dikenal dengan susunan pola kalimat :

K + S + O + P

K = Keterangan
S = Subjek
O = Objek
P = Predikat

ย 

* Posisi Keterangan dapat diletakan sebelum Subjek atau sesudah Subjek. Dan pada setiap bentuk kalimat lengkap selalu di akhiri dengan Predikat.

Contoh :
์•„์นจ ์— ๋‚˜๋Š” ํ•œ๊ตญ ๋ง ์„ ๊ณต๋ถ€ ํ•ด์š”
K S O P
( Acim e Na neun Hangguk marreul kongbu heyo )
Pada pagi hari Aku belajar bahasa Korea

ย 

JENIS KALIMAT
Ada 3 macam kalimat dalam bahasa korea : kalimat formal, kalimat sederhana, dan kalimat informal. Dari ke 3 macam kalimat tersebut, kalimat informal akan lebih sering kita dengar, selama itu membuat suatu komunikasi menjadi lebih akrab, tidak kasar dan mengurangi sopan santun. kalimat ini biasanya digunakan pada saat berkenalan, antar kolega dan antar teman. Kalimat ini juga dapat digunakan apabila kita berbicara dengan orang yang lebih muda.

ย 

Catatan :

a. Kalimat formal memiliki beberapa variasi yaitu :
1.Kalimat yang berakhiran โ€“ ์Šต๋‹ˆ๋‹ค ( โ€“ seumnida ), untuk ungkapan pernyataan
Kalimat yang berakhiran โ€“ ์Šต๋‹ˆ๊นŒ ( โ€“ seumnika ), untuk ungkapan pertanyaan
Contoh : ์ฝ์Šด๋‹ˆ๋‹ค ( irkseumnida) membaca.
์•Œ๊ฒ ์Šด๋‹ˆ๊นŒ? ( algeseumnikka ) mengertikah ?

2.Kalimat yang berakhiran โ€“ ์ž…๋‹ˆ๋‹ค ( โ€“ imnida ), untuk ungkapan pernyataan
Kalimat yang berakhiran โ€“ ์ž…๋‹ˆ๊นŒ ( โ€“ imnika ), untuk ungkapan pertanyaan
Contoh : ์ธ๋„๋„ค์‹œ์•„ ์‚ฌ๋žŒ ์ž…๋‹ˆ๋‹ค ( Indonesia saram imnida ) Orang Indonesia
์ด๊ณณ์€ ๋ญ์ž…๋‹ˆ๊นŒ ? ( igotseun muo imnika ). Apakah ini ?
3. Kalimat yang berakhiran โ€“ ์‹ญ์‹œ์š” ( sipsio ), untuk ungkapan perintah
Contoh : ์–ด์„œ ์˜ค์‹ญ์‹œ์š” ( Oso Osipsiyo ) Selamat datang
b. Kalimat sederhana memiliki beberapa variasi yaitu :
Contoh : ์‚ฌ๋ž‘ํ•ด ( sarang he ).Cinta
์‚ด์•„ ( sara ) tinggal
๋จน์–ด ( mokโ€™o) makan

ย 

Belajar Hangul Part 4

ย 

Subjek,ย Objek

ย 

ย 

1. To be Subjek ๋Š” ( neun ) / ์€ ( eun )

์ € ๋Š” ์ธ๋„๋„ค์‹œ์•„ ์‚ฌ๋žŒ ์ž…๋‹ˆ๋‹ค ( Jo neun Indonesia saram imnida )
Saya orang Indnesia
๊ทธ ์‚ฌ๋žŒ ์€ ํ•œ๊ตญ์‚ฌ๋žŒ ์ž…๋‹ˆ๋‹ค ( Keu saram eun Han guk saram imnida )
Orang itu orang korea
Catatan :
a.๋Š” ( neun ) digunakan setelah kata yang huruf terakhirnya vokal
b.์€ ( eun ) digunakan setelah kata yang huruf terakhirnya konsonan.

ย 

2. To be Subjek atau subjek pelaku ๊ฐ€ (ga ) / ์ด ( I )

๋ˆ„๋‚˜ ๊ฐ€ ์šธ์–ด์š” ( Nuna ga uroyo ) Kakak ( Pr ) menangis
๋ฐฉ ์ด ๋”ฐ๋œปํ•ด์š” ( bang I tateutheyo ) Suhu dikamar hangat

Catatan :
c.๊ฐ€ ( ga ) digunakan setelah kata yang huruf terakhirnya vokal
d.์ด ( I ) digunakan setelah kata yang huruf terakhirnya konsonan.

B. To be Objek ๋ฅผ ( reul ) / ์„ ( eul )

1. ๋‚˜๋Š” ๊น€์น˜ ๋ฅผ ์ข‹์•„ ํ•ด์š” ( Na neun kimchi reul coah heyo )Saya suka kimchi
2. ๋‚˜๋Š” ํ•œ๊ตญ ๋ง ์„ ๊ณต๋ถ€ ํ•ด์š” ( Na neun Hangguk marreul kongbu heyo ) Saya belajar bahasa korea
Catatan :

โ€ข ๋ฅผ ( reul ) digunakan setelah kata yang bersifat jamak dan diakhiri oleh huruf vocal
โ€ข์„ ( eul ) digunakan setelah kata yang bersifat jamak dan diakhiri oleh huruf
konsonan.

Dan juga ….^^
ย 

Contohย  :

  • Annyeonghaseo : ์•ˆ ๋…• ํ•˜ ์„ธ ์š” ! (apa kabar / halo)
  • Naneun Qisthi imnida : ๋‚˜๋Š” ํ‚ค์Šคํ‹ฐ ์ž„๋‹ˆ๋‹ค (Saya Qisthi)
  • Jonun haksaeng imnida : ์ €๋Š” ํ•™๋ƒ‰ ์ž„๋‹ˆ๋‹ค (Saya seorang pelajar)
  • Jonun Indonesia saram iyeyo : ์ €๋Š” ์ธ๋„๋„ค์‹œ์•„ ์‚ฌ๋žŒ ์ด์—์š” (Saya orang Indonesia)
  • Fighting : ํŒŒ์ดํŒ… ^^
  • Hwaiting : ํ™”์•„ํŒ… ^^
  • Saengil chukha : ์ƒ์ผ ์ถ•ํ•˜ (selamat ulang tahun)

Kalau mau nulis nama group juga sama :

  • Big Bang ย  ย  ย  ย  ย  ย : ๋น…๋ฐฉ
  • So Nyeo Si Dae : ์†Œ๋…€์‹œ๋Œ€
  • Super Junior ย  ย  ย : ์Šˆํผ์ฃผ๋‹ˆ์–ด
  • SHINee ย  ย  ย  ย  ย  ย  ย : ์ƒค์ด๋‹ˆ
  • Tata Cara Nomor Di Korea
  • ย 
  • Penomoran di korea dibagi menjadi 2 yaitu cara asli korea dan cara Cina. Bagaimana cara kalian mengucapkan 5 juta 5 ratus lima puluh lima ribu 5 ratus 5 puluh 5 won dalam bahasa korea(5.555.555 won) ??
  • ย 
  • 1
    ์ผ (ํ•˜๋‚˜) il (hana)
  • 2
    ์ด (๋‘˜) ee (tul)
  • 3
    ์‚ผ (์…‹) sam (set)
  • 4
    ์‚ฌ (๋„ท) sa (net)
  • 5
    ์˜ค (๋‹ค์„ฏ) oh (tasot)
  • 6
    ์œก (์—ฌ์„ฏ) yuk (yosot)
    7
    ์น  (์ผ๊ณฑ) chโ€™il (ilgop)
  • 8
    ํŒ” (์—ฌ๋Ÿ) pโ€™al (yodolp)
  • 9
    ๊ตฌ (์•„ํ™‰) gu (ahop)
  • 10
    ์‹ญ (์—ด) ship (yol)
  • 11
    ์‹ญ์ผ (์—ดํ•˜๋‚˜) ship-il (yol-hana)
  • 12
    ์‹ญ์ด (์—ด๋‘˜) ship-ee (yol-tul)
  • 13
    ์‹ญ์‚ผ (์—ด์…‹) ship-sam (yol-set)
  • 14
    ์‹ญ์‚ฌ (์—ด๋„ท) ship-sa (yol-net)
  • 15
    ์‹ญ์˜ค (์—ด๋‹ค์„ฏ) ship-oh (yol-tasot)
  • 16
    ์‹ญ์œก (์—ด์—ฌ์„ฏ) shim-yuk (yol-yosot)
  • 17
    ์‹ญ์น  (์—ด์ผ๊ณฑ) ship-chโ€™il (yol-ilgop)
  • 18
    ์‹ญํŒ” (์—ด์—ฌ๋Ÿ) shi-pโ€™al (yol-yodolp)
  • 19
    ์‹ญ๊ตฌ (์—ด์•„ํ™‰) ship-gu (yol-ahop)
  • 20
    ์ด์‹ญ (์Šค๋ฌผ) ee-ship (sumul)
  • 30
    ์‚ผ์‹ญ (์„œ๋ฅธ) sam-ship (sorun)
  • 40
    ์‚ฌ์‹ญ (๋งˆํ”) sa-ship (mahun)
  • 50
    ์˜ค์‹ญ (์‰ฐ) oh-ship (shween)
  • 60
    ์œก์‹ญ (์˜ˆ์ˆœ) Yuk-ship (yesun)
  • 70
    ์น ์‹ญ (์ด๋ฅธ) chโ€™il-ship (irun)
  • 80
    ํŒ”์‹ญ (์—ฌ๋“ ) pโ€™al-ship (yodun)
  • 90
    ๊ตฌ์‹ญ (์•„ํ”) gu-ship (ahun)
  • 100
    ๋ฐฑ Baek
  • 200
    ์ด๋ฐฑ ee-baek
  • 1,000
    ์ฒœ chโ€™eon
  • 10,000
    ๋งŒ Man
  • 100,000
    ์‹ญ๋งŒ ship-man
  • 1,000,000
    ๋ฐฑ๋งŒ baek-man
  • ย 
  • bisa dilihat dari diatas ada 2 cara mengucapkan angka, bisa dengan cara korea atau cina. cara korea yaitu dengan ํ•˜๋‚˜, ๋‘˜, dst. sedangkan cara cina dengan ์ผ, ์ด dst. kedua nya juga digunakan pada kesempatan yang berbeda.
  • Cara korea digunakan untuk menghitung umur dan jumlah suatu benda. Sedangkan cara cina digunakan untuk menyatakan jam berapa, tanggal, uang, nomor telepon, dsb.

26 Komentar

  1. tetiq mengatakan:

    Terima kasih…….saya suda copy materinya saya ingin belajar bahasa Korea, dan pertanyaan saya adalah cara bacanya dalam bahasa Koreanya itu apa di baca lurus saja atau bagaimana?

  2. Kim Rae mengatakan:

    Helpful banget..
    Thanks ^^

  3. Alivia S. July mengatakan:

    Aish~ susahnya , tapi harus nih belajar bhs korea . Supaya kalo ketemu bias bisa ngobrol ใ…‹ใ…‹ใ…‹

  4. dhista2014 mengatakan:

    ๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค
    bahasannya membantu sekali buat saya yg sedang belajar di Mayantara School

  5. Asri Meliana mengatakan:

    gomawo chingu

  6. Asri Meliana mengatakan:

    gomawo chingu saya mau izin copy ya.

  7. shofa afifah mengatakan:

    lumayan bisa masuk, gomawo ne ^^

  8. yessi yosephina mengatakan:

    gumawo onni๐Ÿ™‚

  9. dellsy mengatakan:

    thank’s banget ya aku senang banget dech bsa tau bhs korea tp gimana ya cara nulis nya dlm bahasa korea (maksudnya,seperti tulisan china atau lambang2 gitu lah)

  10. AnnisaIcha mengatakan:

    ijin copas ne…

  11. verisca nurainiyyah mengatakan:

    wah … membantu bgt..
    belajar ah

  12. Karwatty_watty mengatakan:

    nui sangat membantu buat saya thankz

  13. Shinta Rahma mengatakan:

    gomawoooo ,……. ini sangat membantu …..๐Ÿ™‚

  14. soni mengatakan:

    gamsahamnida

  15. Yuna mengatakan:

    Makasih sharing-nya, ini rangkuman yang praktis dan membantu sekali.๐Ÿ˜€

  16. ahmadmiftahulkarim mengatakan:

    Inspiratif. ๋Œ€๋ฐ•…
    Ditunggu posting berikutnya
    lebih lebih ada percakapannya
    ๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค…

  17. ahmadmiftahulkarim mengatakan:

    Inspiratif
    mudah dipahami
    ๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค…

  18. marisa pongoh mengatakan:

    Achimmm~
    hangul nya Marisa apa?
    gumawo ^^

  19. NagisaResky mengatakan:

    Sangat membantu. Gamsahamnida โ™ฅ

  20. Leehan mengatakan:

    ๊ณ ๋งˆ์›Œ์š” ^^

  21. laika mengatakan:

    Khamsahamnida

  22. 087457124595 mengatakan:

    aku apal bahasa korea

  23. rakun98 mengatakan:

    Terima kasih, sangat membantu. Btw aku masih gak ngerti kenapa ์ข‹์€ dibawahnya itu ada “ใ…Ž” nya, terus kata ๋‹ฌ๊ฑ€ kadang aku nonton variety atau dramanya mereka bukan nyebutnya “dalgyal”. Bisa tolong dijelasin gak?? Makasih sebelumnya.

  24. genos mengatakan:

    Mau Tanya Kenapa ๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค dibaca gamsahamnida bukan nya itu pake p,b?

  25. Halookorea mengatakan:

    Haloo~
    Informasi seputar Korea lainnya juga bisa kamu dapatkan di halookorea.com
    Kamu juga bisa belajar bahasa Korea dengan mudah,praktis dan gratis lo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

November 2013
S S R K J S M
« Okt   Feb »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: