Fera Komalasari

Arsip

Kategori

Quote ini saya ambil dari FB fans page  milik bang Tere Liye.  Kalau berbicara analogi sebenarnya hal yang paling seru. Mama saya sendiri sering menganalogokan sesuatu ketika menyampaikan hal yang sangat penting agar saya benar-benar memperhatikan perkataan beliau. Beda mama beda bang Tere donk… Pertama kali denger nama Tere Liye itu sari temen yang update status bertahun yang lalau. Kebetualn waktu itu diangepost sedikit kuote dari Nove bang Tere yang judulnya ‘Sunset bersama Rossie”. Nah… itu saya belum nyadar kalau tulisan bang Tere itu keren. Juga di Lombok beliau belum begitu tenar. Setelah beberapa saat barulah Lombok mengenal beliau. Hehehhee… sejujurnya, jatuh cinta banget setiap kali ngebaca post2an bang Tere. Gimana nggak? Kalimatnya tuh menyengat hati banget dan nggak bosan untuk dibaca. Kalau lagi sedih tersu baca status2 Bang Tere, dijamin, hati yang tai mandek-mandek langsung kabur mandeknya.😀

Ini cuma satu dari analogi yang dipakai bang Tere. Tapi yang satu inipun membuat saya jatu hati. Simak aja kalau nggak percaya:

*Struktur Terbaik dimiliki oleh manusia

1. Semut, diciptakan dengan kemampuan untuk mengangkat beban 20-50x berat badannya, menakjubkan. Manusia, tidak, bahkan atlet angkat berat paling kuat sekalipun, hanya mentok 5x berat badannya.

Tetapi manusia, dianugerahi kemampuan mengangkat beban hidup berkali2 lipat.

2. Burung merak, diciptakan dengan seluruh keindahan pada bulu ekornya, menakjubkan. Ada ratusan corak warna yg indah tiada tara. Manusia, tidak, warna kulit kita, mau kulit artis model sabun top sekalipun, begitu2 saja, tdk ada warnanya.

Tetapi manusia, dianugerahi keindahan hati yang tiada tara, yg akhlaknya bisa begitu mencengangkan untuk dilihat. Kita akan terpesona menatap wajah indah seseorang yg berahklak baik. Senyum tulusnya amat menentramkan.

3. Penyu, diciptakan dengan kesetiaan pada siklus migrasi, menakjubkan. Beribu-ribu kilometer mereka pergi meninggalkan tempat lahirnya, maka besok lusa, saat dewasa, untuk bertelur, beribu-ribu kilometer mereka akan kembali ke tempat yg sama, tidak tertukar. Meski beratus2 rintangan dilalui. Manusia tidak, beda pintu, beda gang, apalagi beda jalan saja bisa membuat kita tersesat.

Tetapi manusia, dianugerahi kemampuan untuk setia tiada tara, kokoh atas pemahaman hidup yg baik, menggigit prinsip2 dgn kuat, tidak peduli meski beratus2 rintangan dilalui, penyiksaan, semua tiada artinya. Tidak akan tersesat.

4. Cheetah, diciptakan dengan kecepatan lari mengagumkan, 114km/jam, dan hanya butuh 3 detik berakselerasi 0-60km/jam. Burung peregrine falcon (jika kalian pernah membaca novel Bidadari2 Surga, pasti akan tahu), memiliki kecepatan 322km/jam. Manusia tidak, pemilik rekor dunia, Usain Bolt, berlari mentok di kecepatan 48km/jam.

Tetapi manusia, dianugerahi kecepatan luar biasa untuk memahami sesuatu, belajar sesuatu, menerima sesuatu. Sebuah proses hidayah, bahkan bisa berlangsung hanya hitungan detik, dan seseorang berubah menjadi lebih baik.

5. Beraneka binatang laut, dianugerahi kemampuan menyelam ke dalam samudera hingga 3.000 meter. Manusia tidak, coba saja menyelam 3-5 meter, kuping kita mulai terasa berdenging, lebih dalam lagi, tanpa latihan yg baik, paru2 bisa pecah. Dan atlit selam paling kuat sekalipun, tdk bisa berenang ratusan meter ke sana.

Tetapi manusia, dianugerahi kedalaman hati yg menakjubkan. Bahkan, hati manusia yg terlatih, luasnya bisa selapang samudera dalam. Tuangkan seluruh kesedihan hidup, dia tetap tersenyum, tidak tercemar oleh kesedihan itu.

6. Anjing, dianugerahi kemampuan menunggu. Banyak sekali kisah, anjing2 yg tetap menunggui rumah tuannya, bahkan kuburan tuannya (setelah meninggal), bertahun2, tetap menunggu. Mereka menunggu duduk jika disuruh, tanpa protes, tanpa tanya, berjam-jam, berhari2. Manusia tidak, lihat saja jalanan macet, antrian panjang, bahkan manusia bersepakat: waktu adalah uang.

Tetapi manusia, sejatinya diberikan anugerah kesabaran yang luar biasa. Hati manusia yg terlatih, bahkan bisa bersabar belasan tahun, puluhan tahun, tetap sabar, tetap mengagumkan, mengalahkan apapun.

Perhatikanlah alam terbentang luas, maka lebih banyak lagi contoh2 mencengangkan dalam hidup ini. Kita, manusia, sejatinya diciptakan dengan struktur terbaik–bahkan belum memperhitungkan anugerah akal pikiran. Kitalah mahkluk yg disiapkan untuk mengurus dunia ini. (Tere Liye)

Itulah manusia dengan berbagaimacam keistimewaan yang dimiliki. Tidak heran tidak juga bengong- Cuma sedikit geregetan kalau ngomongin manusia dan kehebatan-kehebatan yang Allah telah berikan. Manusia itu ibarat kutu diatas kepala. Sesering apapun dibasmi pasti akan muncul lagi jika rambut tidak dirawat dengan baik. Seperti manusia sesering apapun dinasehati- sifat alami “LUPA’ dari manusia itu pasti kan tumbuh lagi jika hati itu tidak dijaga”. Maka jagalah hati agar keburukan-keburukan yang pernah ada tidak datang lagi mengganggu.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

September 2013
S S R K J S M
« Agu   Okt »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: