Life Balance

Beranda » 2013 » September

Monthly Archives: September 2013

Masa Kadalursa Kosmetik

Gambar

  • Bedak bubuk: dua tahun
  • Foundation: Sekitar satu sampai dua tahun
  • Concealer: satu tahun
  • Eyeshadow krim: satu tahun
  • Eyeshadow bubuk: satu tahun
  • Eyeliner pensil: satu tahun
  • Maskara dan eyeliner cair: Tiga sampai empat bulan. Pastikan Anda rajin mengganti barang-barang ini untuk mencegah kontaminasi dan infeksi
  • Blush on bubuk: dua tahun
  • Blush on krim: enam bulan sampai satu tahun
  • Pensil bibir: satu tahun. Pertajam mereka sebelum setiap digunakan sebagai cara untuk menjaga mereka dan menjaga mereka bersih.
  • Lipstik dan lip gloss: satu sampai dua tahun.
  • Lip balm: tiga bulan, jika disegel kembali setelah digunakan dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering.
  • Kuas (brush) make up: Cuci seminggu sekali dengan sabun cuci.
  • Spons make up: Ganti setiap minggu atau ganti ketika spons sudah kotor.
  • Cream anti-penuaan dan perawatan jerawat: Tiga bulan sampai satu tahun. Antioksidan mudah teroksidasi, jadi waspada untuk setiap perubahan warna.
  • Shampoo, conditioner, dan shower gel: dua sampai tiga tahun, tetapi jika terkena air dapat mengurangi masa penggunaannya.
  • Body lotion: Dua sampai tiga tahun, terutama jika itu dalam wadah pompa.
  • Sunscreen: dua tahun jika disimpan di tempat yang sejuk, lokasi gelap. Tapi pastikan Anda juga memeriksa tanggal kedaluwarsa yang tertera pada produk
  • Moisturizer: sampai enam bulan, tergantung pada bahan; botani-atau berbahan dasar minyak esensial bisa bertahantiga sampai empat bulan
  • Deodorant: satu sampai dua tahun.
  • Parfum: Sekitar dua tahun. Agar tahan lama, simpan di tempat yang sejuk dan gelap.
  • Kutek: Satu tahun.
  • Produk penataan rambut: Tiga sampai lima tahun. Sebagian besar berbasis alkohol, yang membantu agar formulanya tahan lebih lama.

Selain umur produk kosmetik, Anda juga harus tahu cara menyimpan dan merawatnya agar produk kecantikan lebih bersih dan tahan lebih lama. Beberapa tips berikut bisa Anda ikuti.

  • Selalu pastikan produk kosmetik tertutup rapat dan disimpan di tempat yang sejuk dan kering, contohnya di lemari obat , agar kosmetik Anda agar berfungsi lebih lama. Ingat, kelembaban udara dan sinar matahari juga bisa merusak  produk kecantikan Anda, karena dapat merusak bahan pengawet yang terkandung di dalamnya.
  • Meskipun Anda kadang mendengar orang menyarankan untuk menyimpan produk perawatan pribadi di dalam kulkas, jangan langsung diikuti. Anda hanya wajib menyimpan produk di dalam kulkas jika labelnya bertuliskan demikian. Sebab ada beberapa produk yang jika disimpan di dalam kulkas justru bisa mengubah struktur molekul yang ada pada produk itu. Jadi jangan sembarang menyimpan obat ataupun produk kecantikan di dalam lemari es.
  • Jangan menggunakan produk mata jika Anda sedang infeksi mata karena kosmetik tersebut akan menyebar ke mata sehingga infeksi malah akan semakin menjadi. Apalagi, apabila kemudian produk kosmetik tersebut menjadi terkontaminasi.
  • Gunakan juga  indra Anda untuk menilai kelayakan produk. Jika produk telah mulai terpisah, berbau aneh, berubah warna , atau tampak aneh Anda patut waspada. Sebab produk kimia yang masih bisa  digunakan tidak boleh ada perubahan baik dalam penampilan fisiknya atau dalam warna, bau atau tekstur selama masa penyimpanan.
  • Jangan mencoba make up di kulit Anda secara langsung. Bila kita ingin mencocokkan warna yang pas di kulit kita, cukup oleskan sedikit pada tangan dengan menggunakan kuas untuk menjaga kebersihan produk kosmetik itu.

 

Iklan

Ada memori luar biasa dibalik foto ini

Gambar

Inget bulan Mei-Juni- pasti keinget foto norak yang satu ini.

Inget banget pas perjuangan berat itu membuat hati sesak dan mata menangis berhari-hari. Inget perjuangan ke suatu tempat- dan pada akhirnya gagal- pasti inget foto ini. Lain kali kalau memperjuangkan sesuatu- foto ini nggak usah dipakai lagi biar nggak inget sakitnya gagal. 😀

insyaallah… Mimpi menginjakkan kaki ke negeri bersalju putih itu terwujud suatu saat nanti. Soon. Aamiin.

Miss you my best friend

Gambar

Sahabat… Sahabat…. Sahabat…..

Udah 6 tahun sahabatan dan masih tetep sayang banget sama orang Katrok yang satu ini. My best friend since High school – namanya Maulia. Kangen aja dengan masa-masa SMA yang nggak bakal pernah terlupa seumur hidup. Manusia memang tidak seharusnya hidup dalam memori tetapi mengingat memori terkadang sesuatu hal yang menginspirasi. Nggak tau apakah sampai detik ini ketemu temen sekatrok dia atau nggak. Katrok tapi ngagenin dan buat aku tu slalu tersnyum. Seorang pendengar yang baik dan pengertian. Huwhh… memang Masa-masa High school itu ngangenin.

Kerja atau Istirahat?

Waktu ada kegiatan di Lombok Utara, seorang kakak tingkat ngirim sms ke aku nanayin mau kerja atau nggak. Dia merekomendasikan aku kepada bosnya yang dulu. 2 hari kerja…. tepatnya senin dan selasa- Bruk…. kondisi nggak memungkinkan dan akhirnya memutuskan untuk resign. Well…. memang begitu karena akhir-akhir ini fisik memang dalam keadaan lemah jadi nggak heran waktu dapet kerjaan bagus eh harus dilepas gitu aja gara-gara masalah kesehatan. Bukan itu aja sebenarnya- lagi banyak-banyaknya hal yang harus diselesaikan dan memutuhakan waktu yang cukup tenang. Dari semua alasan itu ya- aku memilih untuk beristirahat dirumah dan tidak berfikir berat.

40 menit Ampenan-Kuripan Pulang-pergi setiap hari

itu bukan hal yang biasa tapi luar biasa untuk ukuran seseorang yang tidak boleh kena angin. Dari pada kerja tapi fisik ambruk- lebih baik memilih istirahat yang cukup.

Quote ini saya ambil dari FB fans page  milik bang Tere Liye.  Kalau berbicara analogi sebenarnya hal yang paling seru. Mama saya sendiri sering menganalogokan sesuatu ketika menyampaikan hal yang sangat penting agar saya benar-benar memperhatikan perkataan beliau. Beda mama beda bang Tere donk… Pertama kali denger nama Tere Liye itu sari temen yang update status bertahun yang lalau. Kebetualn waktu itu diangepost sedikit kuote dari Nove bang Tere yang judulnya ‘Sunset bersama Rossie”. Nah… itu saya belum nyadar kalau tulisan bang Tere itu keren. Juga di Lombok beliau belum begitu tenar. Setelah beberapa saat barulah Lombok mengenal beliau. Hehehhee… sejujurnya, jatuh cinta banget setiap kali ngebaca post2an bang Tere. Gimana nggak? Kalimatnya tuh menyengat hati banget dan nggak bosan untuk dibaca. Kalau lagi sedih tersu baca status2 Bang Tere, dijamin, hati yang tai mandek-mandek langsung kabur mandeknya. 😀

Ini cuma satu dari analogi yang dipakai bang Tere. Tapi yang satu inipun membuat saya jatu hati. Simak aja kalau nggak percaya:

*Struktur Terbaik dimiliki oleh manusia

1. Semut, diciptakan dengan kemampuan untuk mengangkat beban 20-50x berat badannya, menakjubkan. Manusia, tidak, bahkan atlet angkat berat paling kuat sekalipun, hanya mentok 5x berat badannya.

Tetapi manusia, dianugerahi kemampuan mengangkat beban hidup berkali2 lipat.

2. Burung merak, diciptakan dengan seluruh keindahan pada bulu ekornya, menakjubkan. Ada ratusan corak warna yg indah tiada tara. Manusia, tidak, warna kulit kita, mau kulit artis model sabun top sekalipun, begitu2 saja, tdk ada warnanya.

Tetapi manusia, dianugerahi keindahan hati yang tiada tara, yg akhlaknya bisa begitu mencengangkan untuk dilihat. Kita akan terpesona menatap wajah indah seseorang yg berahklak baik. Senyum tulusnya amat menentramkan.

3. Penyu, diciptakan dengan kesetiaan pada siklus migrasi, menakjubkan. Beribu-ribu kilometer mereka pergi meninggalkan tempat lahirnya, maka besok lusa, saat dewasa, untuk bertelur, beribu-ribu kilometer mereka akan kembali ke tempat yg sama, tidak tertukar. Meski beratus2 rintangan dilalui. Manusia tidak, beda pintu, beda gang, apalagi beda jalan saja bisa membuat kita tersesat.

Tetapi manusia, dianugerahi kemampuan untuk setia tiada tara, kokoh atas pemahaman hidup yg baik, menggigit prinsip2 dgn kuat, tidak peduli meski beratus2 rintangan dilalui, penyiksaan, semua tiada artinya. Tidak akan tersesat.

4. Cheetah, diciptakan dengan kecepatan lari mengagumkan, 114km/jam, dan hanya butuh 3 detik berakselerasi 0-60km/jam. Burung peregrine falcon (jika kalian pernah membaca novel Bidadari2 Surga, pasti akan tahu), memiliki kecepatan 322km/jam. Manusia tidak, pemilik rekor dunia, Usain Bolt, berlari mentok di kecepatan 48km/jam.

Tetapi manusia, dianugerahi kecepatan luar biasa untuk memahami sesuatu, belajar sesuatu, menerima sesuatu. Sebuah proses hidayah, bahkan bisa berlangsung hanya hitungan detik, dan seseorang berubah menjadi lebih baik.

5. Beraneka binatang laut, dianugerahi kemampuan menyelam ke dalam samudera hingga 3.000 meter. Manusia tidak, coba saja menyelam 3-5 meter, kuping kita mulai terasa berdenging, lebih dalam lagi, tanpa latihan yg baik, paru2 bisa pecah. Dan atlit selam paling kuat sekalipun, tdk bisa berenang ratusan meter ke sana.

Tetapi manusia, dianugerahi kedalaman hati yg menakjubkan. Bahkan, hati manusia yg terlatih, luasnya bisa selapang samudera dalam. Tuangkan seluruh kesedihan hidup, dia tetap tersenyum, tidak tercemar oleh kesedihan itu.

6. Anjing, dianugerahi kemampuan menunggu. Banyak sekali kisah, anjing2 yg tetap menunggui rumah tuannya, bahkan kuburan tuannya (setelah meninggal), bertahun2, tetap menunggu. Mereka menunggu duduk jika disuruh, tanpa protes, tanpa tanya, berjam-jam, berhari2. Manusia tidak, lihat saja jalanan macet, antrian panjang, bahkan manusia bersepakat: waktu adalah uang.

Tetapi manusia, sejatinya diberikan anugerah kesabaran yang luar biasa. Hati manusia yg terlatih, bahkan bisa bersabar belasan tahun, puluhan tahun, tetap sabar, tetap mengagumkan, mengalahkan apapun.

Perhatikanlah alam terbentang luas, maka lebih banyak lagi contoh2 mencengangkan dalam hidup ini. Kita, manusia, sejatinya diciptakan dengan struktur terbaik–bahkan belum memperhitungkan anugerah akal pikiran. Kitalah mahkluk yg disiapkan untuk mengurus dunia ini. (Tere Liye)

Itulah manusia dengan berbagaimacam keistimewaan yang dimiliki. Tidak heran tidak juga bengong- Cuma sedikit geregetan kalau ngomongin manusia dan kehebatan-kehebatan yang Allah telah berikan. Manusia itu ibarat kutu diatas kepala. Sesering apapun dibasmi pasti akan muncul lagi jika rambut tidak dirawat dengan baik. Seperti manusia sesering apapun dinasehati- sifat alami “LUPA’ dari manusia itu pasti kan tumbuh lagi jika hati itu tidak dijaga”. Maka jagalah hati agar keburukan-keburukan yang pernah ada tidak datang lagi mengganggu.

Facebook dan status-status nyeleneh muslimah

Tidak ada yang mengetahui rahasia hati kecuali Allah sang pemilik hatiitu sendiri. Sempat terheran mengapa manusia selalu menghembuskan nafas-nafas kebencian dalam status-status tidak jelas. Mengapa harus menyakitiperasaan orang lain melalaui media yang seharusnya dimanfaatkan dengan baik?

Jika memang berniat untuk mengungkapkan sesuatu lantas mengapa tidak menyampaikan saja langsung kepada pemilik badan? Bukankah itu akan memperkecil jalan syaitan untuk menjerumuskan hati manusia menuju lembah kehinaan? Lantas apakan diri tidak was-was akan apa yang terjadi kelak di akhirat ketika Allah meminta pertanggungjawabahn atas apa yang pernah kita lakukan didunia ini? Jujur…. saya juga pernah merasakan yang namanya sakit hati dan menulis status-status yang tidak-tdak di fb seperti menyindir orang, mengungkapkan kekesalan, atau apalah macamnya. Itu waktu masih berumur belasan. tapi waktu menjawab segalanya dan semua itupun berubah. tak berani diir ini menulis sesuatu yang dapat menyakitkan hati orang lain. Takut tanggung jawab diakhirat kelak. Setidaknya saya faham betul bagaimana karakter anak2 yang terhitung golongan puber, atau usianya masih labil seperti usia belasan. tapi bagaimana jadinya jika yang menghembuskan tulisan-tulisan keburukan itu adalah orang yang usianya tergolong sudah dapat bertindak dengan baik- tergolong dewasalah….. bagaimana? apakah mereka pantas untuk menulis status-status yang dapat menyakiti hati orang lain yang membacanya? “Itu hanya sindirian, bahkan lebih baik dibaca sama orangnya. Biar nyadar”, Bantah orang yang nulis status. Untuk apa? mengapa tidak langsung saja kepada orang pemilik badan? Tidakkah manusia itu menyadari hal tersebut tergolong dosa yang dapat menjerumuskan manusia kedalam neraka? na’udzubillahiminzaalik. Menggunjing merupakan kepertiga dari siksa kubur- na’udzubillah. Dari status-status buruk itu, nantinya akan timbul komentar-komentar nyeleneh, tebakan-tebakan su’udzon, fitnah-fitnah yang seharusnya dijauhi bahkan menghancurkan hati sesama muslim. Lupakah kita akan perkataan Rasul bahwa “Sesama muslim adalah bersaudara?”… Lantas dimanakah letak imana muslim saat ini?

Saya tidak ingin berpanjang lebar ataupun sok pintar… hanya sekedar mengingatkan bahwa kita akan menjalani hari HISAB nanti dan pertangungjawabahn atas amal kita akan menentukan keberadaan kita nantinya. Jadi berbuatbaiklah terhadap sesama manusia. Jangan saling memakan melainkan saling mengingatkan karena sejatinya manusia itu sifatnya pelupa dan butuh untuk diingatkan. Sehebat atau secerdas apapun orang- bahwa didalam dirinya terdapat sifat pelupa.