Fera Komalasari

Beranda » Environment » Antara Kota Mataram- Peraih Piala Adipura 2013- dan Kelurahan Pejeruk- sebagai 10 dari Keluahan Terbersih se-Indonesia

Antara Kota Mataram- Peraih Piala Adipura 2013- dan Kelurahan Pejeruk- sebagai 10 dari Keluahan Terbersih se-Indonesia

Arsip

Kategori

Pelajaran Geografi yang diperoleh dari bangku SD hingga SMA sudah memang seharusnya diimplementasikan kedalam kehidupan nyata. Salah satu disiplin ilmu dalam Geografi yang menonjol dibngku SMA kelas 2 adalah mengenai Lingkungan. Lingkungan merupakan sesuatu yang harus dilestarikan untuk kepentigan generasi-generasi selanjutnya. Kerusakan lingkungan dapat mengakibatkan bencana dan segala macam hal buruk yang kapan saja menimpa masyarakat tanpa mengenal umur. Masyarakat yang perdulu terhadap lingkungan dan segala bahayanya, sudah seharusnya diberikan penghargaan agar orang-ornag disekitar mereka sadar dan memahami betul akan hakikat kebersihan lingkungan dan dampak dari pencemaran lingkungan tersebut.

Jangan heran jikalau Jakarta banjir setiap tahunnya. Jangan heran jika banyak terjadi Longsor akibat penebangan hutan sembarangan, jangan heran mengapa…. itu semua terjadi akibat dari ulah manusia yang semena-mena terhadap lingkungan yang telah diberikan Tuhan akan tetapi tidak dipelihara dengan baik. Dan sewaktu-waktu jangan salahkan alam jika mengeluarkan beban-beban berat yang dipikulnya. Manusia selalu saja bergeming bahkan tidak mau tahu jika dipersalahkan. Selalu menunjuk orang lain tanpa berfikir bahwa mereka juga salah. itulah manusia dengan segala otak dan tingkah laku mereka.

Alam purba dengan alam modern masa kini sangatlah berbeda. Jika mempelajari Geografi lebih lanjut, kita akan sadar bahwa betapa kita sudah keterlaluan memperlakukan alam ini dengan pisau-pisau kejam buatan manusia. Longsor, banjir, kemarau, dan segala kawan-kawannya kini sudah menjadi hal yang biasa dan tidak luar biasa lagi. Padahal, jika ditelusuri, manusialah yang harus bertanggung jawab akan semua ini.

Oleh karena itu, piala adipura ygn dianugrahi oleh Presiden pada tahun 2013 ini kepada Kota Mataram, sangatlah tepat guna mencerminkan bahwa masih ada kota bersih yang sadar terhadap kebersihan lingkungan dan kesadaran lingkungan.

Ada baiknya kita membaca cuplikan dibawah ini:

Beberapa waktu yang lalu, Kota Mataram berhasil meraih kembali predikanya sebagai Kota Terbersih yakni menyabet piala Adipura dari Presiden. Itu adalah hal yang membanggakan karena akhir-akhir ini issu pencemaran lingkungan semakin-hari semakin merebak. Bahkan, jika ditinjau secara pasti, kesadaran lingkungan masyarakat Indonesia sangatlah rendah. Ini bukanlah yang pertama kali bagi Kota yang terkenal dengan istilah, “Pulau seribu masjid” ini meraih penghargaan itu.

Pada bulan yang sama, Kelurahan Pejeruk, berhasil meraih juara 1 dalam lomba kebersihan tingkat provinsi yang kemudian disusul beberapa waktu setelah itu tepatnya 28 Juni terbitlah pengumuman bahwa Kelurahan Pejeruk (Kecamatan Ampenan-Kota Mataram) berhasil meraih sepuluh besar nasional dalam Lomba kebersihan tingkat nasional, dengan saingan 32 provinsi lainnya.

Pada tanggal 11-13 Juli yang akan datang, Juri akan menyeleksi kembali Kelurahan Terbersih tingkat nasional dan menyaring 6 besar diantaranya.

Tentunya, harapan selanjutnya adalah mewujudkan NTB sebagai Provinsi Bersih dan bebas sampah. Solusi satu-satunya adalah melalui kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, melalui pendidikan geografi, dan melalui lomba seperti ini. Sejauh ini, sebagai masyarakat yang berdomisili di Kota Mataram, saya masih melihat cukup banyak masyarakat yang memiliki kesadaran yang kurang dalam hal lingkungan. Mereka masih semena-mena membuang sampah dibantaran sungai, sungai, dipinggir jalan, disetiap tempat, bahkan sekolah-sekolah dan didalam ruang kelaspun masih belum rapi seutuhnya. Indikasinya adalha, setelah menerima penghargaan yang cukup berat seperti ini, masyarakat seharusnya lebih jeli dan sadar akan baiknya kebersihan lingkungan guna menjadikan Mataram lebih baik dari sebelumnya.

(Fera)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

Juli 2013
S S R K J S M
« Jun   Agu »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: