Fera Komalasari

Beranda » Islam » AL GAZALI: RAUHDAH ATTHALIBIN WA UMDAH ASSALIKIN

AL GAZALI: RAUHDAH ATTHALIBIN WA UMDAH ASSALIKIN

Arsip

Kategori

AL GAZALI

BAGIAN 1

RAUHDAH ATTHALIBIN WA UMDAH ASSALIKIN

Renungan 1

SELAIN AL-HAQ (ALLAH) ADALAH HIJAB

Ketahuilah, bahwa sibuk dengan sesame mahluk dan nafsu merupakan hijab (penghalang) menuju kepada Allah. Bangga melihat hasil perbuatan adalah perilaku syirik, sebab seluruh perbuatan seorang hamba bila dikaitkan kepada Allah merupakan al-khalq wa al-ijad (ciptaan dan realisasi dari Allah), tapi bila dikaitkan dengan hamba, maka ia merupakan al-Kasb (usaha) ; diberi pahala apabila dalam bentuk ketaantan dan disiksa jika itu maksiat. Ketika seorang hamba melakukan suatu tindakan, maka hal itu didasarkan kekuatan Ilahi dan Al-Kasb (usaha), sebagaimana pendapat Ahl al-Sunnah. Dengna demikian, kekuatan hamba adalah disaat melakukan tindakan, bukan sebelumnya. Ketika hamba melakukan tindakan, disaat itu Allah SWT memberikan kekuatan kepadanya dan itu dinamakan al-Kasb.

Barangsiapa mengaitkan al-masyiah (kehendak) dan al-kasb kepada dirinya sendiri, maka ia termasuk beraliran Qadariyah, dan siapa saja yang meniadakan keduanya atas dirinya, maka ia termaasuk penganut jabariyah. Dan barang siapa yang menisbahkan al-masyiah kepada Allah swt. Dan al-kasb kepada hamba, maka pandangan seperti itu adalha pandangan seorang Sunni yang benar. Membahas pertanyaan ini menyita banyak waktu dan bukan disini tempatnya. Insyaallah akan dibahas kemudian.

Penyimpangan-penyimpangan dari akidah yang benar merupakan akibat kekalahan hati atas kehendak hawa nafsu dan sikap-sikap ta’asshub (fanatic) terhadap madzhab ahli bid’ah. Sebagian imam mengatakan, “Boleh jadi suatu kaum diselamatkan oleh akidah mereka, sekalipun perbuatan mereka sedikit, dan boleh pula suatu kaum akan rusak karena akidanya, sekalipun amal mereka banyak. Cinta harta, gila hormat dan mencintai dunia, ketiganya merupakan racun yang mematikan. Ambisi jabatan dan kemahsyuran akan menumbuhkan sikap takabbur, dan keasyikan duniawi merupakan delusi yang dapat merusak agama.

Sebagian imam berkata, “Jika engkau melakukan perbuatan dan ituu dilihat orang, hendaknya engkau gugurkan perbuatan itu.”

Sikap panjang angan-angan, adalah dapat mencegah amal kebaikan dan menutup jalan kebenaran. Sementara berandai-andai merupakan senjata terampuh milik setan. Dan sifat kikir, mengikuti hawa nafsu, perasaan kagum terhadap diri sendiri, merupakan sebagina dari perilaku yang dapat merusak amal kebajikan.

Makanan yang buruk akan membuat hati menjadi gelap, menimbulkan sifat ‘keras kepala’ serta jauh dari Allah swt. Sedang makanan yang baik akan menerangi hati, menumbuhkan sifat lembut dan kedekatan kepadaNya. Allah swt berfirman:

“Wahai orang-orang yang beriman, makanlah olehmu yang baik-baik dari apa yang kami rezeki-kan kepadamu…” (Qs. Al-Baqarah: 172)

Yang dimaksud al-thayyibat pada ayat diatas adalah al-halal. Oleh sebab itu, makna dan minumlah yang baik, dan tidak mengapa jika untuk mendapatkannya anda harus meninggalkan bangun malam dan puasa siang hari. Memakan makanan yangbaik merupakan dasar penting cara hidup suatu kaum, sedangkan kehidupan nomaden (berpindah-pindah) tidak akan bermanfaat baginya, sampai mereka mengetahui apa yang masuk kedalam perutnya. Oran gyang paling cepat melintasi jembatan (al-shirat) kebanyakan dari kaum wara’ ketika hidup didunia. Dalam sebuah hadits qudsi Allah berfirman, yang artinya:

“Hambaku, jika engkau lapar akan melihat-Ku, dan jika engkau wara’ akan mengnal-Ku, tinggalkanlah (dunia) ini, niscaya engkau akan sampai kepada-Ku….”

Pada hadis qudsiyang lain dinyatakan:

“Adapun mereka yang wara’, aku merasa malu untuk menyiksanya.”

Seorang tokoh sufi megnatakan, “Tuntunlah ilmu pengetahuan, dan biarkan dirimu lapar. Lakukan “al-khumul” serta puasa. Ilmu akan menjadi pelita dan lapar akn mebuahkan hikmah. “Abu Yazid Al-Bustami berutur, “Setiap kali aku lapar karena Allah, setiap kali itu pula aku temui pintu hkmah dalam hatiku yang tidak ku temukan sebelumnya. “Al-khumul adalah ketenangan dan keselamatan. Sementara puasa sendiri memiliki nilai kedermawanan (al-shamadiah) yang tiada bandingnya. Hal ini seperti yang difirmankan Allah sendiri: “Tidak ada yang serupa dengan-Nya.” (Qs. Al-Syura: 11)

Barangsiapa yang memekai beju kedermawanan, maka Allah akan mewariskan ilmu pengetahuan, makrifah dan almusyahadah (penyaksian) kepadanya. Untuk itu Allah berfirman didalam hadis qudsiNya yang artinya:

“Setiap amal perbuatan anak cucu Adam adalah untuknya, kecuali puasa, ia adalah untuk-Ku dan Aku-lah yang akan memberikan pahalanya.”

Di Sisi Allah, ludah orang yang berpuasa lebih harum dari harumnya parfum misk. Sementara itu, sibuk dengan urusan dunia adalah kalahnya hati oleh hawa-nafsu justru akan menimbulkan sifat tercela. Jika berharap bisa dekat dengan Alah, selama belum terrubah sifat-sifat tercela itu oleh sifat-sifat terpujimu.

Sebagian kaum sufi mengatakan, “Selama hamba masih tercemari oleh selain-Nya, maka dia tidak bisa dekat dengan-Nya, kecuali setelah hatinya kosong selain dariNya. “ Dan Ustman ibn Affan berkata, “Andaikan hati itu suci, niscaya tidak akan jemu membaca Al-Qur’an, karena hanya dengan kesucian seseorang akan naik pada tingkat musyahadah terhadap Dzat yang Maha berfirman.”

Ketahuilah, selain Al-Haq adalah hijab. Andaikan bukan karena gelapnya dunia, niscaya cahaya kegaiban akan tampak, jika bukan karena petaka godaan nafsu, niscaya hijab akan terangkat; keau saja bukan karena kendala-kendala, niscaya “hakikat-hakikat” akan tersingkap; seandainya bukan karena penyakit, niscaya akan tinbul kekuatan; andaikan bukan karena keserakahan, niscaya akn timbul mahabbah (rasa cinta); jika bukan karena kekekalan, nicaya ruh-ruh akan terbakarkerinduan; dan andaikan bukan karena kejauhan, niscaya Tuhan itu dapat disaksikan. Di saat hijab tersingkap, runtuhklah seluruh sebab dan hilanglah segala segala kendala. Semua itu dimungkinkan trwujud dengan cara memutuskan hubungan-hubungan  dengan selainNya.

Rahasia yang selama ini terpendam terkuak, matahari telah memancarkan kecemerlangan, dan Andalah kegelapan itu. Anda lah orangnya penghalang hati dari rahasia kegaiban. Dan jika bukan karena Anda, jalan kesejatianpun takkan trtutup. Jjika Anda jauh dari-Nya, hubungan anda akan terputus. Dan itu justru memperpanjang jarak keterbukaan tabirNya (yang terjaga). Perbincangna indah telah dilontarkan, enak didengar dan indah lagam dan lagunya.”

Sebagian kaum sufi berkata,”Apabila Allah menghendaki keburukan seorang hamba, Dia akan menjadikannya pemalas, dan pintu-pintu amalpun tertutup baginya.” Suatu ketika seorang laki-laki dating kepada Muadz            ibn Jabal, dia berkata, “Wahai Muadz, katakana kepadaku bagaimana pendapatmu mengenai dua orang berikut; alah satunya rajin beribadah, banyak amalnya, sedikit dosanya, tetapi dia dihinggapi penyakit. Rasa percaya dirinya lemah dan bahkan diselubungi perasaan ragu.”  Muadz menjawab, “Sungguh keraguannya itu akan menggugurkan seluruh amal yang telh ia lakukan,” Kemudian orang itu berkata, “Bagaimana dengan orang yang kedua, sedikti amal dan banyak dosa, tapi memiliki keyakinan kuat?” Saat itu Muadz  Ibn Jabal diam sejenak dan kemudian berkata, “Demi Allah, jika amal orang pertama tersebut digugurkan oleh keyakinannya yang lemah dan ragu-ragu, maka keyakinan kuat yang dimiliki orang kedua itu pun akan menggugurkan dosanya. “Kemudian Muadz menggandengnya, dan orang yang bertanya tersebut berkata, “Aku belum prnah melihat orang yang lebih megnerti dari orang ini.”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

Mei 2013
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: