Fera Komalasari

Beranda » Pendidikan » Final Assignment of ELT

Final Assignment of ELT

Arsip

Kategori

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SMP

 

Satuan Pendidikan                             :  KTSP

Mata pelajaran                                   :  Bahasa Inggris

Kelas/Semester                                    : VII/Ganjil

Keterampilan yg difokuskan             : Speaking

Genre                                                   transactional/interpersonal

Alokasi waktu                                     :  2 x 45 menit

 

 

Standar Kompetensi :  3 berbicara

3.   Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan       interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

 

Kompetensi Dasar     :   3.1

Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan  interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima

Indikator

 

  1. I.             Kognitif

 

  1. A.       Produk
  • Mampu memberikan instruksi secara lisan kepada teman kelasnya.
  • Mampu menyebut nama-nama alat musik.
  • Mampu mendemonstrasikan percakapan sesuai gambar yang diberikandidepan kelas secara berkelompok

 

  1. B.        Proses
  • mampu menyebutkan nama alat musik yang ada dalam gambar.
  • mampu memperkirakan instruksi berdasarkan gambar yang diberikan.

 

  1. Affectif (mengembangkan perilaku social dan berkarakter)

 

  • Mampu mengekspresikan sikap hormat dan perhatian dalam berkenalan dan memperkenalkan diri
  1.  Psikomotor ( Penggunaan ICT)
  • Mampu menggunakan ICT sebagai sarana untuk
    • Mendemonstasikan percakapan dengan tema ‘introduction’melalui facebook call.
    • memberikan instruksi kepada rekan kerja kelompoknya melalui facebook call.

 

Tujuan Pembelajaran

 

  1. I.                Kognitif

Produk:

  • Diberika gambar tentang “Alat musik” dan “hadiah ulang tahun”, siswa mampu mendiskripsikan tentang gambar yang diberikan dengan kesalahan 20%
  • Diberikan gambar tentang ‘introduction’, siswa mampu mendemonstasikan gambar dengan mengambil pelajaran dari video dengan kesalahan 20%

Proses:

  • Diberikan gambar tentang alat musik, siswa mampu menyebutkan jumlah alat musik yang telah diberikan dengan kesalahan 5%.
  • Diberikan gambar tentang alat musik, siswa mampu menyebutkan angka-angka dalam bahasa Inggris dengan kesalahan 10%.
  • Diberikan flashcard dengan tema ‘how are you’ dan ‘phone number’, siswa mampu menyebutkan nama dalam flashcard tersebut dengan kesalahan 25%
  1. Affectif (mengembangkan perilaku social dan berkarakter)
  • Terlibat dalam keseluruhan proses belajar mengajar dan dengan diberikan cara mengekspresikan sikap dan perasaan terhadap satu kejadian serta respon terhadap sikap dan perasaan seseorang sesuai dengan budaya barat dan budaya local (C), siswa (A):
    • Mampu mengekspresikan(B) sikap atau perasaannya terhadap kejadian yang ada dengan baik (D)
    • Mampu memberikan respon (B) terhadap ekspresi sikap dan perasaan seseorang dengan sopan (D)

 

Psikomotor (Penggunaan ICT)

  • Ditugaskan untuk melakukan percakapan dengan video call dan menggunakan ICT  sebagai sarana(C) siswa (A) dapat
    • mendemonstrasikan percakapan dengan tema introduction dengan baik

 

Materi Pelajaran

 

  1. Materi ‘introduction’ berbentuk:
  • Instruction
  • Video
  • Gambar
  1. Tata bahasa
  • Negative
  • Imperatives
  • Quantifiers
  1. Kosakata
  • Kata terkait tema
  • Kata terkait jenis teks
  1. Ungkapan baku
  • Okay
  • Alright

Model Pembelajaran

  • Model Pembelajaran : Individual dan  Cooperative Learning
  • Pendekatan/Metode/Teknik Pembelajaran
    • Communicative  Approach
    • Presentation
    • Role play

 

Langkah-Langkah Kegiatan

Kegiatan

Evaluasi

1 2 3 4
Pre-activity (+ 15 menit)

  1. Guru  menyapa dan mengecek presensi siswa
  2. Siswa dimotivasi untuk menjawab pertanyaan “kapan siswa berulang tahun?, siapa saja yang berulang tahun dalam bulan ini?, hadiah apa yang biasanya siswa berikan jika ada teman yang berulang tahun?”
  3. Siswa selanjutnya  menyimak dan menginternalisasi penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, garis besar tahapan-tahapan kegiatan yang akan dilakukan serta manfaat yang diperoleh bila siswa memiliki kompetensi dasar tersebut.
Whilst activity (65 menit)

  1. Siswa ditunjukan gambar alat musik oleh guru didepan kelas. Siswa ditanya berapa banyak alat musik yang ada didalam gambar tersebut? Siswa diberikan instruksi untuk menyebutkan angka dalam bahasa inggris secara bersama-sama.
  2. Siswa diberikan vocabulary dalam bentuk flashcard yang berkaitan dengan tema tentang ‘phone number’ ‘how are you?’. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok masing-masing terdiri dari 4-5 orang. Kemudian guru memberikan contoh bagaimana menggunakan flashcard di depan kelas. Masing-masing kelompok kemudian diberikan flashcard yang sama dan masing-masing kelompok memainkannya selama 5 menit. Kemudian siswa diminta maju berpasangan ke depan kelas. Salah satu siswa mengambil flashcard dan menunjukkan gambar flashcard kepada pasangannya dengan tidak memperlihatkan tulisan nama gambar tersebut, dan pasangannya menebak nama dari gambar tersebut. Dilakukan secara bergantian.
  3. Siswa dibagi menjadi kelompok berpasangan. Guru memberikan gambar yang berbeda pada masing-masing kelompok dengan tema, “Alat Musik’ atau ‘hadiah ulang tahun’. Siswa dminta untuk memperaktikan bersama teman kelompoknya dan siswa diminta untuk tanya jawab tentang apa yang dipraktikan tadi. Siswa diminta untuk memperaktikan kedepan kelas secara bergantian.
  4. Siswa diperlihatkan video tentang ‘introduction’ agar siswa tau bagaimana contoh nyata menggunakan ungkapan ketika berkenalan.
  5. Kemudian siswa diberikan gambar dan siswa diminta menebak apa yang akan diucapkan bila menjadi orang yang ada dalam gambar tersebut. Siswa juga diminta untuk membuat ‘daftar alat musik’berdasarkan gambar yang diberikan.
  6. Kemudian siswa diminta maju ke depan (role-play) untuk menjadi karakter yang ada pada gambar.
       
Closure (10 menit)

  1. Siswa diminta untuk mengisi crossword tentang ‘introduction’. 2 crossword yang sama dipasang di papan tulis. Siswa dibagi jadi 2 kelompok dan berlomba menjadi yang lebih cepat.
  2.  Siswa diminta menyampaikan manfaat dari mempelajari teks tersebut
  3. Siswa diminta untuk mewawancarai temannya dengan tema ‘introduction’ melalui video call facebook atau skype dan merekamnya.

 

Catatan bagi guru:

  1. Dalam melaksanakan RPP ini guru sebaiknya menyiapkan video introduction dengan mengunduh di internet.
  1. Guru perlu memperhatikan waktu ketika siswa memperaktikan ‘speaking in front of class’. Sebaiknya siswa diberikan batasan waktu agar waktu pertemuan tidak habis hanya untuk memperaktikan speaking.

Evaluasi

Cloze-test

Speaking test melalui video call

Sumber Pembelajaran

  1. English in Focus for Grade VII
  2. Video
  3. Gambar
  4.  Internet

 

POINTERS (kelebihan dari RPP ini)

 

  1. 1.      Memasukkan unsur budaya  (appreciation) sebagai salah satu cara untuk  mengembangkan karakter
  2. 2.      Memasukkan penggunaan ICT dalam pembelajaran

 

 

Masukan

  1. 1.      Buat secara eksplisit semua indikator dalam scenario pembelajaran

 

  1. 1.      Rubrik Penilaian Video Call

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen

Mengungkapkan berbagai tindak tutur:

  1. Menyapa yang belum/sudah dikenal
  2. Memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
  3. Memerintah/melarang
Video call Tanya jawab

Tanya jawab

Tanya jawab

  1. 1.      Introduce your self to your friend. Consider he/she is your new neighbor. Spell you name too.
  2. 2.      Ask your friend about her/his address in her/his previous house.

2. ask your friend about her/his birthday

3. ask your friend if she/he want to come to your house to play with you

4. ask your friend about her/his phone number.

  1. Pedoman Penilaian

Jumlah skor maksimal keseluruhan     25

Nilai Siswa = skor maksimal    x 4

10

  1. Rubrik Penilaian

Element

Score
Pronunciation 5
Delivery 10
Performance 10
Excellent 10
Very good 9
Good 8
Average 7
Poor ≤6

Standard of Pronunciation:                                          Standard of Delivery and Performance:

Excellent 5
Very good 4
Good 3
Average 2
Poor 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

Februari 2013
S S R K J S M
« Des   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: