Fera Komalasari

Beranda » Pendakian » Meletusnya Gunung Krakaau

Meletusnya Gunung Krakaau

Arsip

Kategori

Anak Krakatau adalah satu dari 100 gunung berapi yang terus dipantau Badan Antariksa AS, NASA melalui satelit Earth Observing-1 atau EO-1.

Ada dua alasan yang membuat NASA terus mengamati Anak Krakatau. Selain karena terus-menerus bererupsi, ini juga dilatarbelakangi faktor historis.

Induknya, Gunung Krakatau meletus pada 27 Agustus 1883 sekitar pukul 10.20 dengan kekuatan 13.000 kali bom atom yang meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki. Itu salah satu letusan gunung api paling kolosal sepanjang sejarah.

Saat itu, suara letusan Krakatau terdengar sampai Madagaskar dan Australia. Dua pertiga bagian gunung tenggelam ke dasar laut, dan menciptakan gelombang tsunami yang menewaskan puluhan ribuan orang.

Pada saat itu gunung krakatau meletus disertai gempa vulkanik berkekuatan besar. Getaran gempa dari meletusnya gunung krakatau bahkan dirasakan sampai daratan benua Eropa dan afrika. Karena letak gunung krakatau yang di tengah laut, maka pada saat gunung ini meletus juga disertai dengan gelombang tsunami yang dasyat. Gelompang tsunami yang diperkirakan setinggi 15m itu menghempas wilayah-wilayah pantai pulau-pupau disekitarnya seperti Jawa dan Sumatera.

Letusan yang terjadi pada tanggal 27 Agustus 1883 itu tercatat dalam Guiness Book of Records sebagai “the most powerful recorded explosion in history” Letusan yang sangat dasyat tersebut terdengar hingga jarak 4.500 lm dari pusat ledakan di Selat Sunda dan disertai dengan semburan debu vulkanik setinggi 80 km. Semburan materi gunung krakatau ini menutupi daerah seluas 800.000 km2 dan mengakibatkan pulau Jawa dan Sumatera tertutup hujan abu selama 3 hari.

Jumlah korban dari letusan gunung krakatau yang maha dasyat ini diperkirakan sebanyak 36.000 orang. Bahkan tsunami sebagai dampak dari letusan gunung krakatau ini juga mengakibatkan sejumlah kerusakan parah di Hawaii dan beberapa pantai barat Amerika Tengah. Kita bisa membayangkan seberapa dasyatnya kekuatan letusan gunung krakatau saat itu.

Saat ini Gunung anak krakatau telah mencapai ketinggia sekitar 230 m diatas permukaan laut dan gunung ini terus aktif. Setiap tahun gunung ini mengalami pertambahan tinggi skitar 4cm. Entah sampai kapan gunung anak krakatau ini akan mendapatkan energi sebesar induknya terdahulu.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 50 pengikut lainnya

April 2012
S S R K J S M
« Feb   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

follow My twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

%d blogger menyukai ini: